SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Audit Manajemen Untuk Menilai Efisien dan Efektivitas Fungsi pemasaran Pada KAntor Wilayah Perum Pegadaian Blitar

Sri Suci Ning Tyas

Abstrak


Abstraksi

 

AUDIT MANAJEMEN UNTUK MENILAI EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS FUNGSI PEMASARAN PADA KANTOR WILAYAH PERUM PEGADAIAN BLITAR

 

Disusun Oleh :

Sri Suciningtyas

 

Dosen Pembimbing :

Eka Ananta Sidharta, SE, Ak.

 

Audit manajemen merupakan suatu proses yang sistematis dari penilaian efektivitas, efisiensi, dan ekonomisasi operasi suatu organisasi yang ada di bawah pengendalian manajemen dan melaporkan kepada orang yang tepat hasil dari penilaian beserta rekomendasi untuk perbaikan. Penilaian kinerja didasarkan pada suatu kriteria yang ditetapkan kemudian dibandingkan dengan kriteria aktual yang ada dalam organisasi tersebut.

Penelitian ini berbentuk studi kasus dengan menggunakan metode deskriptif, melalui studi pustaka dan studi lapangan yang antara lain berupa wawancara dan observasi. Penilaian efisiensi dan efektivitas kinerja pemasaran dianalisis dan dievaluasi dengan membandingkan antara criteria, causes, dan effect.

Audit Manajemen yang dilakukan terhadap fungsi pemasaran Kantor Wilayah Perum Pegadaian Blitar ini bertujuan untuk menilai tingkat efisiensi dan efektivitas kinerja pemasaran, untuk mengetahui penyebab terjadinya inefisiensi dan inefektivitas dalam kegiatan operasi perusahaan khususnya fungsi pemasaran, dan memberikan saran atau rekomendasi terhadap setiap temuan audit agar dapat diambil tindakan perbaikan.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas pemasaran secara keseluruhan sudah berjalan efisien namun belum sepenuhnya efektif. Untuk itu Kantor Wilayah Perum Pegadaian Blitar harus terus berupaya memperbaiki kinerja fungsi pemasarannya.

 

Kata kunci : audit manajemen, efisiensi, efektivitas, fungsi pemasaran.