SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH KOMPONEN ARUS KAS DAN LABA TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE TAHUN 2005-2007

Sri Istiwahyuni

Abstrak


ABSTRAK

 

Istiwahyuni, Sri. 2010. Pengaruh Komponen Arus Kas dan Laba terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Food and Beverage yang Listing Di bursa Efek Indonesia Periode Tahun  2005-2007. Skripsi, Jurusan Akuntansi, FE. UM. Pembimbing (1) Ika Putri Larasati SE., M.Com. (2) Yuli Widi Astuti, S.E., M. Si, Ak.

 

Kata Kunci: Komponen Arus Kas, Laba Akuntansi, Harga Saham

Salah satu faktor yang mencerminkan kinerja perusahaan adalah laporan keuangan yang harus dibuat oleh pihak manajemen secara teratur. Saat ini parameter kinerja perusahaan yang mendapatkan perhatian utama dari investor dan kreditor adalah arus kas dan laba. Ketika dihadapkan pada dua ukuran kinerja perusahaan tersebut, investor harus merasa yakin bahwa ukuran kinerja yang menjadi perhatian mereka adalah yang mampu secara baik menggambarkan kondisi ekonomi. Serta menyediakan sebuah dasar bagi peramalan aliran kas masa depan suatu saham yang biasa diukur dengan menggunakan harga.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh laporan arus kas dan laba akuntansi terhadap harga saham. Variabel yang digunakan adalah empat variabel yaitu aktivitas operasi, aktivitas investasi, aktivitas pendanaan dan laba akuntansi terhadap harga saham. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan tahunan seluruh perusahaan Food and Beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dari populasi tersebut, kemudian digunakan metode purposive sampling untuk menentukan sample penelitian. Dalam penelitian ini terdapat 13 perusahaan sampel yang listing di Bursa Efek Indonesia selama periode 2005-2007. Karena keterbatasan data yang ada, maka dilakukan pooled data dengan sampling tahun 2005,2006 dan 2007.

Penelitian ini menggunakan pengujian hipotesis yang diuji dengan analisis regresi berganda. Dari hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa secara parsial laba dan arus kas dari aktivitas operasi berpengaruh terhadap harga saham, sedangkan informasi arus kas dari aktivitas investasi dan pendanaan tidak berpengaruh terhadap harga saham. Ini mengindikasikan bahwa arus kas dari aktivitas operasi dan laba menjadi perhatian utama dari investor untuk menilai kinerja perusahaan di masa mendatang. Saran dalam penelitian ini untuk peneliti selanjutnya diharapkan bagi peneliti selanjutnya untuk menambah periode pengamatan sehingga dapat menghasilkan data yang akurat, diharapkan dalam pemilihan sampel tidak hanya menggunakan perusahaan Food and Beverage dan pada penggunaan harga saham sebaiknya menggunakan yang lebih mendekati laporan keuangan.