SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Jurusan IPS SMA Negeri 9 Malang Tahun Pelajaran 2009/2010

Wahyu Triyono

Abstrak


ABSTRAK

 

Triyono, Wahyu. 2010. Pengaruh Lingkungan Keluarga, Lingkungan, Sekolah, dan Lingkungan Masyarakat Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Malang. Jurusan Akuntansi, Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (I) Sawitri Dwi Prastiti,S.E,M.Si.,Ak. (II) Ika Putri Larasati,SE.,Mcom.

 

Kata Kunc : Lingkungan keluarga, Lingkungan Sekolah, Lingkungan Masyarakat, Prestasi Belajar

Lingkungan belajar SMA Negeri 9 Malang dilihat dari lingkungan keluarga orang tua siswa menanyakan ada tugas atau PR. Keadaan lingkungan dapat dilihat guru menerangkan materi pelajaran dengan jelas. Dalam lingkungan masyarakat, siswa jarang yang mengikuti organisasi masyarakat. Prestasi belajar siswa pada semester I yang lalu sebagian besar masih berada pada kriteria nilai B dan untuk tingkat keluluan tiga tahun berturut-turut masih banyak siswa yang tidak lulus Ujian Akhir Nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh baik secara parsial maupun simultan Lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat terhadap prestasi belajar siswa.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriftif korelasonal. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 9 Malang dan subyek penelitiannya  yaitu siswa kelas XI IPS SMAN 9 Malang. Jumlah populasi yang diambil sebanyak 149 siswa dan sampel yang dipakai dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa, dan regresi berganda untuk mengetahui pengaruh baik secara parsial maupun simultan dari variabel-variabel dalam penelitian

Dari hasil analisis data diketahui terdapat pengaruh positif antara lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar dengan nilai sig t (0,000) < α 0,050, dalam hal ingkungan keluarga mempunyai pengaruh besar terhadap prestasi belajar siswa. Lingkungan sekolah berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai sig t (0,000)< α 0,050, dalam hal ini guru lebih bias bervariasi dalam menggunakan metode pembelajaran sedangkan untuk lingkungan masyarakat berpengaruh positif terhadap prestasi belajar dengan nilai sig t (0,000) < α 0,050, dalam hal ini, lingkungan masyarakat yang baik akan membantu siswa dalam proses belajar. Terdapat pula pengaruh simultan antara lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat terhadap prestasi belajar siswa  dengan nilai sig F (0,000) < α 0,050. Pengaruh lingkungan belajar positif memberikan dorongan perkembangan terhadap anak dan prestasi belajar anak

Penelitian ini menyimpulkan bahwa secara parsial maupun simultan trdapat pengaruh positif antara variabel terikat (X) dengan variabel bebas (Y). Saran yang diberikan untuk lingkungan keluarga yaitu orang tua harus memberikan perhatian yang lebih untuk anak dalam belajar. untuk lingkungan sekolah guru harus lebih bisa memberikan variasi dalam mengajar sedangkan untuk lingkungan masyarakat pemakaian internet lebih bisa dikontrol atas pemakaiannya. Untuk penelitian selanjutnya mengkaji indikator lain berkenaan dengan lingkungan sekolah seperti: Profesionalisme guru, kurikulum sekolah.