SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH NET PROFIT MARGIN (NPM), PRICE EARNING RATIO (PER), DIVIDEND PAYOUT RATIO (DPR) TERHADAP HARGA SAHAM DAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM (STUDI PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG LISTING DI BEI PERIODE 2007-2009)

Nazzar Salasa

Abstrak


ABSTRAK

Salasa, Nazzar. 2010. Pengaruh NPM, PER, DPR Terhadap Harga Saham dan Volume Perdagangan Saham (Studi Pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang listing di BEI Periode 2007-2009). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Tuhardjo, S.E, M.Si, Ak, (II) Triadi Agung S. S.E, M.Si, Ak.

Kata kunci: NPM, PER, DPR, Harga Saham, Volume Perdagangan Saham

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial antara NPM, PER, DPR terhadap harga saham dan pengaruh secara simultan antara NPM, PER, DPR terhadap harga saham; serta pengaruh secara parsial NPM, PER, DPR terhadap volume perdagangan saham dan pengaruh secara simultan NPM, PER, DPR terhadap volume perdagangan saham perusahaan makanan dan minuman periode 2007-2009.

Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan variabel independen adalah nilai NPM, PER, dan DPR sedangakan variabel dependen adalah harga saham dan volume perdagangan saham. Sampel penelitian ini diambil secara purposive sampling dan mendapat 11 sampel perusahaan makanan dan minuman dari populasi yang berjumlah 18 yang listing di BEI selama periode 2007-2009.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial harga saham dipengaruhi nilai NPM hal ini dapat di lihat dari ditolaknya H0 dengan nilai signifikansi 0,034; nilai PER dan DPR secara parsial tidak mempengaruhi harga saham hal ini dapat dilihat dari ditolaknya H1 dengan nilai signifikansi 0,229 dan 0,526. Secara bersama-sama variabel NPM, PER, DPR mempengaruhi harga saham dengan nilai signifikansi 0,042 dan nilai koefisien korelasi 0,493 dan koefisien determinan 0,243. Baik secara parsial maupun secara bersama-sama variabel NPM, PER, DPR tidak mempengaruhi volume perdagangan saham, hal ini dapat dilihat dari ditolaknya H1 dengan nilai signifikan yang lebih dari 0,05 dan koefisien korelasi 0,299 serta koefisien determinan 0,089.

Implikasi kebijakan yang dapat dilakukan adalah meningkatkan kinerja keuangan perusahaan secara keseluruhan dan menganilisis faktor yang dapat mempengaruhi harga saham termasuk profitabilitas perusahaan. Selain itu dapat juga dilakukan penelitian dengan menambah jumlah sampel, periode yang lebih lama karena dapat mencerminkan keadaan pasar bursa. Faktor eksternal seperti keadaan ekonomi dan keadaan politik juga sangat perlu diperhatikan.  Perusahaan sebaiknya konsisten dan tetap fokus pada bisnis inti dan karakter perusahaan juga harus mendukung dalam memberikan nilai bagi perusahaan.