SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Sistem Pengendalian Intern Terhadap Siklus Penerimaan dan Pengeluaran Kas Pada CV Cahaya Mustika

Linda Amalia Krisnawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Amalia Krisnawati, Linda.2009. Analisis Sistem Pengendalian Intern Terhadap Penerimaan dan Pengeluaran Kas Pada CV Cahaya Mustika. Tugas Akhir, jurusan Diploma III Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Ika Putri Larasati S.E. M.Com.

 

Kata Kunci: Sistem Penerimaan dan Pengeluaran Kas, Kas, Sistem Pengendalian Intern

Tujuan perusahaan adalah untuk mendapatkan laba semaksimal mungkin,menguasai pasar dan mengembangkan usaha. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan adanya sistem yang baik. Sistem penerimaan dan pengeluaran kas merupakan salah satu sistem mempengaruhi keberhasilan perusahaan dalam mewujudkan tujuannya. Hal ini disebabkan karena sebagian besar transaksi perusahaan akan menyangkut masalah pertukaran dan berakhir dengan kas. Dilihat dari karakteristik dan fungsinya, kas merupakan alat yang mudah untuk disalahgunakan oleh pihak-pihak yang kurang bertanggung jawab. Untuk itu perusahaan harus menggunakan sistem pengendalian intern yang mampu memberikan pengawasan dan pengendalian sehingga dapat menciptakan kinerja yang efektif.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan sistem penerimaan dan pengeluaran kas pada CV Cahaya Mustika dan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan pengendalian intern terhadap sistem penerimaan dan pengeluaran kas CV Cahaya Mustika. Metode pemecahan masalah dilakukan dengan cara deskriptif kualitatif yaitu dengan cara membandingkan antara teori yang sudah didapat dengan kenyataan yang ada dilapangan yang diperoleh selama observasi khususnya mengenai sistem penerimaan dan pengeluaran kas.

Dari hasil observasi yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa sudah terdapat adanya beberapa fungsi yang terkait guna menunjang internal control, dokumen rangkap, sistem otorisasi, praktek yang sehat, penggunaan rekening bank dan perlindungan fisik atas kas yang ada diperusahaan. Namun masih ditemukannya sistem yang kurang sesuai untuk diterapkan sebagai system pengendalian intern terhadap penerimaan dan pengeluaran kas pada CV Cahaya Mustika, hal tersebut dapat dilihat dari kurang pedulinya pihak perusahaan terhadap bukti-bukti transaksi yang menyebabkan penerimaan kas dan kurangnya pengawasan terhadap pengeluaran kas sehingga banyak pengeluaran yang tidak ada bukti transaksi yang dapat dijadikan arsip.

Dengan adanya sistem pengendalian intern yang baik terhadap CV Cahaya Mustika dapat mencegah segala penyelewengan baik dari pihak-pihak yang berwenang terhadap semua transaksi baik penerimaan maupun pengeluaran kas akan memudahkan pengontrolan terhadap kas dan mencegah adanya pengeluaran fiktif yang mungkin dilakukan oleh karyawan CV Cahaya Mustika.