SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENERAPAN PRINSIP DISCLOSURE DAN RESPONSIBILITY DALAM GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN

Lisa Tristinawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Tristinawati, Lisa. 2010. Pengaruh Penerapan Prinsip Disclosure dan Responsibility dalam Good Corporate Governance terhadap Kinerja Perusahaan. Skripsi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Yuli Widi Astuti, S.E, M.Si, Ak, (2) Drs. Sumadi, S.E, M. M.

 

Kata Kunci: Good Corporate Governance (GCG),disclosure, responsibility

Corporate governance merupakan tata kelola perusahaan yang menjelaskan hubungan antara berbagai partisipan dalam perusahaan yang menentukan arah kinerja perusahaan. Implementasi prinsip GCG diharapkan dapat memberikan manfaat bukan saja bagi manajemen dan karyawan perusahaan, namun juga pemangku kepentingan (stakeholders) dan berbagai pihak terkait seperti konsumen, pemasok (supplier), pemerintah dan lingkungan masyarakat (publik) dimana perusahaan tersebut beroperasi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh penerapan good corporate governance terhadap kinerja perusahaan. Penerapan good corporate governance diwakili oleh disclosure (pengungkapan) dan responsibility (pertanggungjawaban). Kinerja perusahaan dalam hal ini diukur dengan menggunakan rumus Tobin’s Q.

Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan non lembaga keuangan yang masuk daftar Corporate Governance Perception Index (CGPI) dan kriteria Program Penilaian Peringkat Kerja Perusahaan (PROPER) 2007-2009. Dari populasi tersebut, kemudian digunakan metode purposive sampling untuk menentukan sampel penelitian. Dalam penelitian ini terdapat 10 perusahaan sampel dengan 3 (tiga) tahun periode pengamatan yaitu 2007-2009. Penelitian ini menggunakan pengujian hipotesis yang diuji dengan analisis regresi linear berganda dan tingkat signifikan yang digunakan adalah 5%.

Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa disclosure dan responsibility berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Nilai koefisien Adjusted R Square adalah 0,610 menunjukkan bahwa 61,0% tingkat kinerja perusahaan dipengaruhi oleh disclosure dan responsibility, selebihnya sekitar 39,0% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian.

Secara parsial disclosure dan responsibility berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Keterbatasan dalam penelitian ini bahwa variabel bebas yang digunakan hanya terbatas pada dua variabel yaitu disclosure dan responsibility. Sampel yang digunakan hanya 10 perusahaan yang masuk dalam daftar Corporate Governance Perception Index (CGPI). Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu dapat mengambil sampel perusahaan yang lebih banyak dan periode pengamatan yang lebih panjang, dan dapat menggunakan variabel yang lengkap dari corporate governance, yaitu transparansi, akuntabilitas, independensi dan fairness (kesetaraan dan kewajaran), serta memperhatikan kondisi dan perkembangan regulasi yang ada sehingga penelitian dapat memberikan keakuratan informasi bagi penggunanya.