SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pengumuman Penerbitan Obligasi Dan Right Issue Terhadap Abnormal Return Saham Pada Perusahaan Yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia (Periode 2006-2008).

Ririn Suryani

Abstrak


ABSTRAK

 

Suryani, Ririn. 2010.  Pengaruh Pengumuman Penerbitan Obligasi Dan Right Issue Terhadap Abnormal Return Saham Pada Perusahaan Yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia (Periode 2006-2008). Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) DR. Bambang Sugeng, S.E., M.A., M.M., Ak. (2) Triadi Agung Sudarto, S.E., M.Si., Ak.

 

Kata Kunci: Pengumuman Penerbitan Obligasi, Pengumuman  Right Issue, Abnormal Return Saham.

Beberapa penelitian menunjukkan reaksi pasar yang berbeda-beda karena suatu pengumuman penerbitan obligasi dan right issue. Sehingga perlu dianalisa lebih dalam mengenai seberapa jauh pasar bereaksi terhadap pengumuman penerbitan obligasi dan  right issue sehingga mampu mempengaruhi  abnormal return saham. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pengumuman penerbitan obligasi dan  right issue terhadap  abnormal return saham pada perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia periode 2006-2008.

Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode  purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang melakukan pengumuman penerbitan obligasi dan  right issue  di Bursa Efek Indonesia serta merupakan saham yang aktif diperdagangkan pada periode 2006-2008. Alat analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian  ini adalah statistik non parametrik Wilcoxon Sign Rank Test karena data yang digunakan dalam proses analisis tidak memenuhi asumsi kenormalan distribusi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pengumuman penerbitan obligasi dan right issue tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap abnormal return saham. Hal ini mengindikasikan bahwa informasi tentang pengumuman penerbitan obligasi dan  right issue tidak memiliki kandungan informasi yang cukup untuk mempengaruhi investor dalam keputusan investasinya.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar untuk penelitian selanjutnya perlu mempertimbangkan pemilihan jenis dan jumlah sampel yang lebih representatif dengan periode yang lebih panjang, sehingga dapat diamati variasi antar waktunya dan hasilnya bisa lebih kuat untuk digeneralisasikan. Selain itu sebaiknya menggunakan variabel yang berbeda dari penelitian ini, seperti misalnya menguji pengaruh pengumuman penerbitan obligasi dan  right issue terhadap perubahan struktur modal. Sehingga dapat memberikan kontribusi yang penting baik bagi ilmu pengetahuan maupun masalah-masalah praktis.