SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Reaksi Pasar Modal Indonesia Terhadap Pelaksanaan Right Issue (Studi pada Perusahaan yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2003-2008)

Yulita Wicahyanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Wicahyanti, Yulita. Analisis Reaksi Pasar Modal Indonesia Terhadap Pelaksanaan Right Issue (Studi pada Perusahaan yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2003-2008). Skripsi, Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Sawitri Dwi Prastiti, S.E., M.Si. A.k (2) Drs. H. Sumadi, S.E., M.M.

 

Kata Kunci:   Right Issue, Return, Abnormal Return (AR), Cumulative Abnormal Return (CAR), Cumulative Average Abnormal Return (CAAR), Dan Trading Volume Activity (TVA).

Right issue menjadi pilihan yang menarik bagi perusahaan karena relative memerlukan biaya yang rendah jika dibandingkan dengan melakukan pinjaman kepada bank. Pelaksanaan right issue dapat menjadi sebuah informasi bagi investor dalam mengambil keputusan investasi. Pengumuman right issue dapat memberikan sinyal positif karena mempengaruhi investor dalam mengambil keputusan yaitu membeli saham, akibatnya permintaan saham akan meningkat.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan perbedaan return saham sebelum dan setelah pelaksanaan right issue, (2) menjelaskan perbedaan AR saham sebelum dan setelah pelaksanaan right issue, (3) menjelaskan perbedaan CAR saham sebelum dan setelah pelaksanaan right issue, (4) menjelaskan perbedaan CAAR saham sebelum dan setelah pelaksanaan right issue, (5) menjelaskan perbedaan TVA saham sebelum dan setelah pelaksanaan right issue.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik studi peristiwa (event study). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang listing di BEI dan melakukan right issue pada tahun 2003-2008. Sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 31 perusahaan yang diambil secara purposive sampling. Periode pengamatan adalah selama 21 hari bursa. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data perusahaan yang melakukan right issue tahun 2003-2008, harga saham harian perusahaan sampel selama periode pengamatan, data volume perdagangan saham, dan data jumlah saham beredar. Data variabel return, AR, CAR, CAAR, dan TVA dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik pengujian statistik non parametrik yaitu uji Willcoxon Signed Rank Test.

Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa return, AR, CAR, CAAR dan TVA tidak terdapat perbedaan sebelum dan setelah pelaksanaan right issue. Hasil tersebut mengindikasikan investor tidak bereaksi atas pelaksanaan right issue. Selain itu diduga  kandungan informasi right issue kecil sehingga tidak dapat mempengaruhi keputusan investor.

Adapun saran yang dalam penelitian ini: 1) Emiten dapat mempertimbangkan dalam memberikan sinyal kepada pasar, 2) Sebelum menanamkan saham pada saat right issue sebaiknya melihat dengan seksama dan mempelajari terlebih dahulu kondisi perusahaan yang bersangkutan, 3) perhitungan abnormal return menggunakan market adjusted model dan market model, 4) memperpanjang periode jendela, 5) menggunakan teori dasar yang lain, misal:random walk theory.