SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Karakteristik Guru Akuntansi Terhadap Efektifitas Pembelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri Se-Kota Malang

Nuroh Fauziah

Abstrak


ABSTRAK

 

Fauziah, Nuroh. Pengaruh Karakteristik Guru Akuntansi Terhadap Efektifitas Pembelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri se-Kota Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(I) Makaryanawati, S.E., M.Si., Ak. (II) Dr. Puji Handayati, S.E., M.M., Ak

 

Kata Kunci: Karakteristik Filosofi Guru, Karakteristik Kompetensi Guru, Karakteristik Pribadi Guru, Efektifitas Pembelajaran Akuntansi.

 

Pelaksanaan pembelajaran di kelas tidak terlepas pada interaksi yang terjadi antara guru dengan siswa. Interaksi dalam pembelajaran tersebut dapat dikatakan efektif apabila hasil proses belajar siswa menunjukkan perubahan positif. Hal yang mampu menunjang efektifitas pembelajaran di kelas diantaranya adalah karakteristik filosofi, karakteristik kompetensi dan karakteristik pribadi guru yang dapat diterima dengan baik oleh siswa. Karakteristik guru yang baik akan menunjang pelaksanaan pembelajaran secara efektif.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara karakteristik guru akuntansi terhadap efektifitas pembelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri se-kota Malang baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri se-kota Malang dengan jumlah sampel sebanyak 200 siswa yang diambil dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, karakteristik filosofi guru tidak berpengaruh secara signifikan terhadap efektifitas pembelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri se-kota Malang, hal tersebut ditunjukkan dengan thitung (1,159) < ttabel (1,65251) dan nilai sig t = 0,248 > 0,05. Sedangkan karakteristik kompetensi guru berpengaruh secara signifikan terhadap efektifitas pembelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri se-kota Malang dengan nilai thitung (3,614) > ttabel (1,65251) dan karakteristik pribadi guru juga berpengaruh secara signifikan terhadap efektifitas pembelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri se-kota Malang dengan nilai thitung (2,656) > ttabel (1,65251). Secara simultan karakteristik filosofi, karakteristik kompetensi dan karakteristik pribadi guru akuntansi berpengaruh terhadap efektifitas pembelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri se-kota Malang dengan nilai Fhitung (60,875) > Ftabel (2,65).

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, saran yang direkomendasikan peneliti adalah siswa diharapkan selalu memiliki persepsi yang positif terhadap karakter guru sehingga kegiatan belajar mengajar mampu memotivasi siswa untuk mengikuti pelajaran dengan seksama. Hendaknya peneliti yang tertarik pada penelitian serupa, menambah jumlah variabel bebas yang masih berkaitan dengan karakteristik guru lainnya terhadap efektifitas pembelajaran akuntansi.