SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perkembangan teknologi informasi

Siti Nafi'ah

Abstrak


ABSTRAK

 

Perkembangan teknologi informasi telah banyak memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Komunikasi sebagai media pendidikan dilakukan dengan menggunakan media-media komunikasi seperti telepon, komputer, internet, email, dan sebagainya. Interaksi antara guru dan siswa tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka tetapi juga dilakukan dengan menggunakan media-media tersebut. Cara guru menyampaikan materi juga tidak hanya menulis dipapan tulis tetapi dapat menggunakan media LCD, proyektor serta OHP sehingga pemanfaatan waktu dinilai lebih efisien. Namun dengan penggunaan teknologi informasi juga terdapat dampak dalam pembelajaran, yakni 1). Pemakaian internet dikelas yang pengawasannya tidak efektif memungkinkan pebelajar menggunakan internet untuk hal yang lain, yang tidak berkepentingan dengan fungsinya. 2). Kemudahan dalam mendapat pesan atau informasi bagi pebelajar menyebabkan pebelajar menyerahkan tugas-tugas yang bukan menjadi hak miliknya, 3). Sulit mengkontrol pengaksesan informasi yang tidak sesuai untuk tugas seorang pebelajar.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh penggunaan teknologi informasi terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa SMPN 8 Malang. (2) Mengetahui pengaruh proses belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa SMPN 8 Malang. (3) Mengetahui pengaruh simultan antara tingkat penggunaan teknologi informasi dan proses belajar ekonomi pada siswa SMPN 8 Malang.

Populasi penelitian ini adalah kelas VII H, VIII H, IX H SMPN 8 Malang. Teknik yang digunakan menggunakan teknik populasi. Instrumen yang digunakan adalah angket. Data dianalisis dengan prosentase, korelasi dan regresi dengan bantuan komputer program SPSS 16.0 for windows.

Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri variabel bebas yaitu, penggunaan teknologi informasi (X1) dan pelaksanaan proses belajar (X2). sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar (Y). Dari pengolahan data melalui uji hipotesis dapat diketahui bahwa pada variabel penggunaan teknologi informasi(X1) secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar. Hal ini terbukti bahwa t sebesar 4,543 > t = 1,663. Jika dilihat dari tingkat signifikansinya (000) < (0,05), maka H ditolak dan Hditerima. pada variabel pelaksanaan proses belajar (X2) secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar. Hal ini terbukti bahwa tsebesar 4,663 > t 1,663. Jika dilihat dari tingkat signifikansinya (000) < (0,05), maka H ditolak dan Hditerima. sedangkan secara simultan berdasarkan hasil uji F besaran probabilitasnya (Sig) 0,00 < 0,05 dan Nilai F 116,555 > F tabel 3,11. Maka hal ini menunjukkan bahwa antara penggunaan teknologi informasi dan pelaksanaan proses belajar terdapat pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar. Berdasarkan hal ini dapat dikatakan bahwa penggunaan teknologi informasi dan pelaksanaan proses belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 8 Malang.

Saran untuk penggunaan teknologi informasi dalam proses belajar, diharapkan kontribusi teknologi informasi yang semakin maju dan pelaksanaan proses belajar yang menarik menjadikan pembelajaran dikelas itu bukanlah hal yang membosankan lagi namun akan membangkitkan semangat siswa untuk lebih termotivasi dalam belajar sehingga dengan termotivasinya siswa dalam belajar menjadikan prestasi belajar siswa juga ikut meningkat.