SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengaruh persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru, fasilitas belajar, nilai ujian nasional (NUN) SMP terhadap mutu lulusan melalui motivasi belajar siswa di SMAN 8 Malang

risa rosiana

Abstrak


ABSTRAK

 

Rosiana, Risa. 2010. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kemampuan Mengajar Guru, Fasilitas Belajar, dan NUN SMP Terhadap Mutu Lulusan Melalui Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 8 Malang. Skripsi. Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sawitri Dwi Prastiti, S.E., M.Si, Ak., (II) Yuli Widi Astuti, S.E, M.Si, Ak

 

Kata kunci : persepsi, kemampuan mengajar guru, fasilitas belajar, NUN SMP, motivasi belajar, dan mutu lulusan.

Salah satu isu penting dalam penyelenggaraan pendidikan di negara kita saat ini adalah peningkatan mutu pendidikan. Realita yang ada telah terjadi kemerosotan mutu pendidikan baik di tingkat dasar, menengah maupun tingkat pendidikan tinggi. Hal ini berlangsung akibat penyelenggraaan pendidikan yang lebih menitikberatkan pada aspek kuantitas dari pada aspek kualitasnya. Mutu pendidikan tidaklah ditentukan oleh faktor tunggal, ada sejumlah variabel yang dianggap sering berhubungan atau mempengaruhi. Hal ini menggugah peneliti untuk melakukan suatu kajian yang akan mengidentifikasi secara empiric hubungan langsung atau tidak langsung dalam suatu rangkaian dari system pendidikan input-proses-output yang mengacu pada sejumlah variabel bebas yaitu persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru, fasilitas belajar, NUN SMP, dan motivasi belajar terhadap mutu lulusan khususnya di SMA Negeri 8 Malang.

Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis jalur (path analysis) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung antara persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru, fasilitas belajar, dan NUN SMP terhadap motivasi belajar serta pengaruh langsung dan tidak langsung antara persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru, fasilitas belajar, NUN SMP,dan motivasi belajar terhadap mutu lulusan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XII di SMAN 8 Malang. Sampel yang digunakan yaitu simple random sampling dan di dapat ada 62 siswa sebagai sampel.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru dan NUN SMP berpengaruh secara langsung maupun tidak langsung terhadap motivasi belajar dan mutu lulusan. (2) motivasi belajar berpengaruh secara langsung terhadap mutu lulusan. (3) sedangkan fasilitas belajar tidak memiliki pengaruh baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap motivasi belajar dan mutu lulusan.

Berdasarkan hasil penelitian di atas disarankan untuk peneliti selanjutnya agar memperluas variabel yang ingin diteliti, misalnya: latar belakang sosial ekonomi, lingkungan belajar, atau minat siswa terhadap pelajaran sehingga dapat lebih banyak mengungkapkan permasalahan dan memberikan hasil dari temuan penelitian yang lebih berarti dan bermanfaat bagi banyak pihak.