SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PERPUTARAN MODAL KERJA DAN STRUKTUR AKTIVA TERHADAP PROFITABILITAS (Studi Empiris pada 50 Leading Companies in Market Capitalization yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2006-2008)

Endah TRI Wahyuningsih

Abstrak


ABSTRAK

 

Wahyuningsih, Endah Tri. 2010. Pengaruh Perputaran Modal Kerja dan Struktur Aktiva Terhadap Profitabilitas Perusahaan 50 Leading Companies in Market Capitalization yang Listing di Bursa Efek Indonesia. Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Nurika Restuningdiah S.E., M.Si., Ak. (2) Dr. Dyah Aju Wardhani S.E., M.Si., Ak.

 

Kata Kunci: Perputaran Kas, Perputaran Piutang, Perputaran Persediaan, Struktur Aktiva dan Profitabilitas.

 

Profitabilitas perusahaan merupakan aspek penting yang tidak boleh diabaikan karena dengan profitabilitas perusahaan akan dapat menjaga kelangsungan usahanya. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi profitabilitas yaitu perputaran modal kerja (perputaran kas, perputaran piutang dan perputaran persediaan) dan struktur aktiva.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan variabel Perputaran Modal Kerja (Perputaran Kas, Perputaran Piutang dan Perputaran Persediaan) dan Struktur Aktiva terhadap profitabilitas (ROE). Populasi dari penelitian ini adalah Perusahaan 50 Leading Companies in Market Capitalization yang Listing di Bursa Efek Indonesia tahun 2006-2008. Data yang digunakan berupa data sekunder yaitu laporan keuangan. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria sebagai berikut: Perusahaan menyajikan laporan keuangan dalam nilai rupiah, Perusahaan menerbitkan laporan keuangan (neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas, laporan perubahan modal dan catatan atas laporan keuangan) selama periode pengamatan yaitu tahun 2006-2008, Perusahaan non perbankan dan non telekomunikasi dan Perusahaan yang memiliki nilai ROE positif. Dari karakteristik sampel di atas diperoleh sampel sebesar 20 perusahaan. Analisis data menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda.

Berdasarkan hasil uji f (simultan), hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara perputaran modal kerja (perputaran kas, perputaran piutang dan perputaran persediaan) dan struktur aktiva terhadap profitabilitas (ROE). Hasil uji t (parsial) menunjukkan bahwa perputaran kas, perputaran piutang, perputaran persediaan dan struktur aktiva mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap profitabilitas (ROE).

Nilai Adjusted R Square sebesar 51,5% menunjukkan varian dari profitabilitas yang dapat dijelaskan oleh variasi perputaran modal kerja dan struktur aktiva hanya sebesar 51,5%, sedangkan sisanya sebesar 49,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model. Dan nilai R Square yang diperoleh sebesar 61,7 % yang menunjukkan bahwa variabel Y yaitu profitabilitas dipengaruhi oleh perputaran kas (X1), perputaran piutang (X2), perputaran persediaan (X3) dan struktur aktiva (X4) secara simultan, sedangkan sisanya sebesar 38,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.Variabel lain tersebut misalnya rasio likuiditas, aktivitas dan leverage.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan untuk peneliti selanjutnya dapat menambahkan variabel-variabel lain, menggunakan jumlah sampel yang lebih banyak dan jangka waktu atau periode yang lebih panjang sehingga akan diperoleh hasil yang lebih baik.