SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Persepsi Guru tentang Profesionalisme Guru terhadap Program Pembelajaran di SMA Negeri se-Kota Mojokerto

yeny rahmawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahmawati, Yeny. 2010. Pengaruh Persepsi Guru tentang Profesionalisme Guru terhadap Program Pembelajaran di SMA Negeri se-Kota Mojokerto. Skripsi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Puji Handayati, S.E.,M.M., Ak. (II) Makaryanawati, S.E, M.Si., Ak.

 

Kata Kunci: Persepsi Guru tentang Profesionalisme Guru, Program Pembelajaran

Pendidikan yang bermutu sangat tergantung pada kapasitas satuan-satuan pendidikan dalam mentransformasikan peserta didik untuk memperolah nilai tambah, baik yang terkait dengan aspek olah pikir, rasa, hati, dan raganya. Dilihat dari sekian banyak komponen pendidikan guru merupakan komponen yang paling berpengaruh terhadap terciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas. Guru dituntut untuk selalu meningkatkan profesionlismenya demi terwujudnya tujuan pendidikan nasional. Penguasaan komponen profesionalisme mutlak harus dimiliki oleh diri setiap guru, karena dengan penguasaan kompetensi profesi tersebut maka pelaksanaan proses belajar mengajar akan berjalan dengan baik, sehingga tujuan dari pendidikan nasional tidak mustahil dapat tercapai. Tujuan utama dalam penelitian ini untuk mengetahui apakah persepsi guru tentang profesionalisme berpengaruh terhadap program pembelajaran guru yang telah lulus program sertifikasi di SMA Negeri se-Kota Mojokerto.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksplanasi (Explanatory Research). Variabel dalam penelitian ini meliputi: persepsi guru tentang profesionalisme guru (X) sebagai variabel bebas dan program pembelajaran (Y) sebagai variabel terikatnya. Pengumpulan data dlakukan dengan menggunakan metode angket. Populasi data adalah semua guru SMA Negeri di Kota Mojokerto yang lulus program sertifikasi berjumlah 69 orang guru, dan metode analisis yang digunakan adalah analisi regresi linier sederhana.

Hasil analisis menunjukkan bahwa persepsi guru di SMA Negeri se-Kota Mojokerto mempunyai persepsi yang positif terhadap profesionalisme guru yang ditunjukkan dengan skor rerata (mean) sebesar 76,02. Pelaksanaan program pembelajaran guru di SMA Negeri se- Kota Mojokerto mempunyai kualifikasi yang tinggi yang ditunjukkan dengan skor rerata (mean) sebesar 79,94 . ada pengaruh positif dari persepsi guru tentang kompetensi profesionalisme guru terhadap program pembelajaran di SMA Negeri se- Kota Mojokerto yang ditunjukkan dengan nilai Unstandardized Coefficient Beta sebesar 0,750, dan besarnya pengaruh dapat dilihat dari R Square 68,7%..

Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan adalah hendaknya semua guru yang telah lulus sertifikasi tetap meningkat diri dan kompetensinya sebagai guru yang profesional guna terciptanya peningkatan terhadap mutu pendidikan, misalnya dengan cara ikut kursus, seminar, dan workshop.