SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI GURU DAN FASILITAS LABORATORIUM AKUNTANSI TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 PASURUAN

Yozzevi Whina Aquareynica

Abstrak


ABSTRAK

 

Aquareynica, Yozzevi Whina. 2010. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Guru dan Fasilitas Laboratorium Akuntansi terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Program Keahlian Akuntansi Di SMK Negeri 1 Pasuruan. Skripsi, Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. H.Tuhardjo, M.Si.Ak, (2) Dra. Hj. Endang Sri Andayani, S.E.,M.Si.,Ak

 

Kata kunci: Persepsi Siswa, Kompetensi Guru, Fasilitas Laboratorium, Motivasi, Prestasi Belajar Siswa.

Persepsi memiliki peranan penting dalam perilaku, yaitu sebagai pengembangan fungsi-fungsi kognitif, afektif, dan konatif sehingga berpengaruh terhadap penyesuaian yang lebih utuh dan proporsional. Dalam proses belajar mengajar, tidak lepas dari interaksi antara guru, murid dan lingkungan yang berupa laboratorium. Apabila persepsi siswa positif terhadap guru dan laboratorium maka dapat meningkatkan motivasi siswa yang pada akhirnya meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh langsung persepsi siswa tentang kompetensi guru dan fasilitas laboratorium terhadap motivasi belajar siswa; pengaruh tidak langsung persepsi siswa tentang kompetensi guru dan fasilitas laboratorium terhadap prestasi belajar siswa melalui motivasi belajar siswa; dan pengaruh langsung motivasi belajar siswa terhadap peningkatan prestasi belajar siswa.

Penelitian ini merupakan penelitian penjelasan (explanatory research). Teknik analisis yang digunakan adalah analisa jalur (path analysis).Variabel dalam penelitian ini meliputi persepsi siswa tentang kompetensi guru, fasilitas laboratorium, motivasi belajar siswa, dan prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI jurusan akuntansi yang ada di SMK Negeri 1 Pasuruan pada tahun ajaran 2009/2010 yang terdiri dari 109 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel random atau sampel acak yaitu sejumlah 52 siswa. Teknik pengumpulan data adalah angket dan dokumentasi.

Dari hasil analisis data dapat diketahui bahwa tidak ada pengaruh secara langsung yang signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap motivasi belajar siswa sebesar 0,012. Persepsi siswa tentang kompetensi guru tidak berpengaruh tidak langsung secara signifikan terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar sebesar 0,0005. Persepsi siswa tentang fasilitas laboratorium berpengaruh secara langsung yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa sebesar 0,347. Persepsi siswa tentang fasilitas laboratorium tidak berpengaruh tidak langsung terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar siswa sebesar 0,0142. Motivasi belajar tidak berpengaruh secara langsung secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa sebesar 0,041.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada universitas untuk selalu meningkatkan mutu lulusannya, pihak sekolah menambah fasilitas dan mengoptimalkan pemanfaatan laboratorium, guru untuk mampu menunjukkan kemampuan menguasai bahan yang diajarkan, antusiasisme, dan kemenarikan dalam mengajar sehingga menimbulkan persepsi positif pada siswa, serta bagi calon peneliti selanjutnya perlu menambah sampel dan variabel penelitian.