SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2008)

Nina Safitri

Abstrak


ABSTRAK

 

Safitri, Nina. 2010. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Kepemilikan Manajerial  Terhadap Manajemen Laba (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2008). Skripsi. Jurusan Akuntansi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Ika Putri Larasati, S.E., M.Com. (2) Yuli Widi Astuti, S.E., M.Si., Ak. 

 

Kata Kunci: Pengungkapan Corporate Social Responsibiity, Kepemilikan Manajerial dan Manajemen Laba.

            Adanya perbedaan kepentingan dalam perusahaan antara shareholder dan stakeholder membuat manajer sebagai pengelola perusahaan harus memperhatikan kepentingan seluruh pihak tanpa mengabaikan salah satu pihak. Bentuk perhatian yang diberikan kepada shareholder ialah berupa peningkatan keuntungan atas investasi pada perusahaan, sedangkan perhatian kepada stakeholder diwujudkan dalam bentuk pengungkapan corporate sosial responsibility yaitu pertanggungjawaban perusahaan terhadap lingkungan dan sosial. Perhatian besar yang diberikan masyarakat terhadap perusahaan yang visible terhadap aktivitas pertanggungjawaban lingkungan dan sosial membuat manajer harus memberikan informasi pengungkapan sebanyak-banyaknya. Hal ini memungkinkan manajer yang bertindak sebagai pengelola perusahaan maupun yang memiliki saham dalam perusahaan atau kepemilikan manajerial melakukan manajamen laba terhadap pelaporan keuangan agar informasi yang diberikan terlihat baik dan sekaligus dapat meningkatkan keuntungan manajer.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel pengungkapan corporate social responsibility dan kepemilikan manajerial terhadap manajemen laba secara parsial. Data yang digunakan bersumber dari ICMD (Indonesian Capital Market Directory) dan annual repot perusahaan tahun 2007-2008. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia yaitu sebanyak 124 perusahaan, namun setelah digunakan metode purposive sampling dengan teknik pooled data, didapatkan sampel sebanyak 21 sampel perusahaan dengan jumlah data observasi sebanyak 42 data.

            Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS. Uji yang dilakukan adalah uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial, variabel pengungkapan corporate sosial responsibility dan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap manajemen laba dengan nilai signifikansi masing-masing sebesar 0.059 dan 0.068

            Berdasarkan penelitian ini, maka disarankan dalam penelitian selanjutnya untuk menggunakan sektor lain sebagai sampel, dan memperpanjang periode penelitian. Bagi investor, pengungkapan corporate social responsibility dapat digunakan sebagai pertimbangan berinvestasi dan bagi perusahaan dapat menggunakan ISO 26000 sebagai dasar penggungkapan corporate social responsibility.