SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, RETURN ON TOTAL ASSETS (ROA), DAN NATURAL LOG OF TOTAL ASSETS (LNTA) TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN PERUSAHAAN GO PUBLIC YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2006-2008

RETNO MUTMAINAH

Abstrak


ABSTRAK

 

Mutmainah, Retno Asri. 2010. Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Return On total Assets (ROA) dan Natural Log of Total Assets (LNTA) terhadap Kebijakan Dividen Perusahaan Go Public yang Listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2006-2008. Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) : Dr. Dyah Aju Wardhani M.Si., Ak. Pembimbing (II): Sawitri Dwi Prastiti, S.E, M.Si., Ak

Kata kunci: Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Return On total Assets (ROA), Natural Log of Total Assets (LNTA), Dividend Payout Ratio.

Faktor-faktor yang mempengaruhi kebijakan dividen telah dianalisis oleh beberapa peneliti dan hasilnya masih tidak konsisten satu sama lain maupun dengan teori yang ada sehingga perlu dikaji ulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan dari kepemilikan manajerial (MOWN), kepemilikan institusional (INST), Return On total Assets (ROA) dan Natural Log of Total Assets (LNTA) sebagai variabel bebas terhadap kebijakan dividen sebagai variabel terikat.

Penelitian ini menggunakan analisis regresi ganda dan menggunakan data empiris dari seluruh perusahaan go public yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan sampel sebanyak 10 perusahaan untuk periode pengamatan tahun 2006-2008. Untuk menguji pengaruh secara parsial variabel bebas terhadap variabel terikat digunakan nilai t, sedangkan untuk menguji pengaruh secara simultan digunakan nilai F.

Berdasarkan analisis data, diketahui bahwa kepemilikan manajerial berpengaruh negatif terhadap kebijakan dividen. Kepemilikan institusional dan return on total assets (ROA) tidak berpengaruh terhadap kebijakan dividen. Natural log of total assets (LNTA) berpengaruh positif terhadap kebijakan dividen. Pengujian secara simultan menunjukkan bahwa keempat variabel bebas dapat mempengaruhi kebijakan dividen secara bersama-sama. Nilai adjusted R2 sebesar 0,513 menunjukkan bahwa variasi dari kebijakan dividen dapat dijelaskan oleh keempat variabel bebas sebesar 51,3%. Hasil penelitian ini mendukung teori agensi yang menyatakan bahwa kepemilikan manajerial mampu mengurangi agency conflict, serta mendukung pernyataan bahwa semakin besar ukuran perusahaan yang diukur dengan logaritma natural dari total asetnya akan menyebabkan semakin besar pula dividen yang dibayarkan perusahaan.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa hanya variabel kepemilikan manajerial dan natural log of total assets (LNTA) yang mampu mempengaruhi kebijakan dividen. Disarankan bagi penelitian selanjutnya untuk menambah variabel lain, menambah jumlah sampel dan periode penelitian, serta menggunakan analisis yang berbeda. Bagi manajemen perusahaan sebaiknya memperhatikan kepemilikan manajerial dan natural log of total assets (LNTA) dalam menentukan kebijakan dividen. Bagi investor yang hendak berinvestasi di suatu perusahaan sebaiknya juga mempertimbangkan kedua variabel ini.