SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH INFORMASI ARUS KAS DARI AKTIVITAS OPERASI, INVESTASI, DAN PENDANAAN SERTA LABA BERSIH TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Empiris pada Perusahaan Consumer Goods yang terdafatar di BEI Periode Tahun 2007-2008)

mayu chanofa

Abstrak


ABSTRAK

Chanofa, Mayu. 2010. Pengaruh Informasi Arus Kas dari Aktivitas Operasi, Investasi, dan Pendanaan serta Laba Bersih Terhadap  Return Saham (Studi Empiris pada Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di BEI Periode Tahun 2007-2008). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Satia Nur Maharani S.E, M.Sa, Ak (II) Dr. Nurika Restuningdiah S.E, M.Si, Ak

Kata Kunci : Kas Operasi, Kas Investasi, Kas Pendanaan, Laba Bersih, Return Saham

Perkembangan dalam bidang perekonomian menuntut adanya peranan akuntansi, dimana peranan ini dapat memberikan informasi keuangan yang digunakan sebagai dasar pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Laporan keuangan merupakan laporan yag bertujuan untuk menunjukkan posisi keuangan. Laporan keuangan dibutuhkan oleh para investor untuk mengetahui ekspektasi tingkat pengembalian berupa return serta risiko yang akan diterima jika berinvestasi.

Arus kas dan laba bersih merupakan ukuran kinerja akuntansi dimana dapat menggambarkan kondisi perusahaan Dalam peramalan tersebut harga dan return merupakan alat untuk mengukur aliran kas masa depan, dimana return sebagai nilai perubahan harga yang dapat menunjukkan raksi pasar dari sekuritas bersangkutan.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh informasi arus kas dengan masing-masing aktivitasnya serta laba bersih terhadap return saham secara parsial maupun simultan. Informasi arus kas dapat diketahui dalam laporan arus kas dimana masing-masing aktivitasnya terklasifikasi menjadi tiga yaitu arus kas operasi, arus kas investasi, dan arus kas pendanaan. Laba bersih dapat dilihat dari laporan laba rugi sedangkan untuk return saham peneliti menggunakan pengukur actual return

Populasi penelitian ini adalah perusahaan yang termasuk dalam Consumer Goods selama tahun 2007-2008 dan Sampel Penelitian diambil secara purposive sampling dengan jumlah sampel sebesar tiga puluh Perusahaan yang termasuk dalam Consumer Goods di bursa efek Indonesia (BEI) tahun 2007-2008.

Hasil pengolahan data diketahui bahwa Secara simultan diketahui bahwa probabilitas (Sig.) 0,030 < 0,05 dan Fhitung 2,899> Ftabel 2,546, maka disimpulkan secara simultan arus kas operasi, investasi, dan pendanaan serta laba bersih berpengaruh terhadap return saham.

            Dari hasil pengujian hipotesis tersebut menunjukkan bahwa informasi arus kas  dan laba bersih secara simultan berpengaruh signifikan terhadap return saham. Hal ini berarti investor sebaiknya menggunakan laporan keuangan arus kas dan laba bersih sebagai pertimbangan dalam membuat keputusan investasi terkait dengan tingkat actual return.