SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH EARNING PER SHARE (EPS), RETURN ON EQUITY (ROE), RETURN ON ASSET (ROA), DAN NET PROFIT MARGIN (NPM) TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN KELOMPOK LQ-45 PERIODE 2005-2007

Widya Kurniawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Kurniawati, Widya. 2010. Pengaruh Earning Per Share (EPS), Return On Equity (ROE), Return On Asset (ROA), dan  Net Profit Margin (NPM) Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Kelompok LQ-45 Periode 2005-2007. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Ika Putri Larasati, S.E., M. Com. (2) Sawitri Dwi Prastiti, S.E, M.Si, Ak.

 

 

Kata Kunci: EPS, ROE, ROA, NPM, Harga Saham

 

 

Saham merupakan instrumen investasi yang banyak dipilih para investor karena saham mampu memberikan tingkat keuntungan yang menarik. Penilaian saham dapat dilakukan dengan menggunakan analisis fundamental. Variabel fundamental akan mempengaruhi harga saham, yang digunakan sebagai indikator nilai perusahaan dan merupakan pencerminan informasi yang relevan bagi para investor, dalam menilai perusahaan investor menggunakan analisis rasio. Rasio profitabilitas merupakan rasio yang paling tepat dalam menilai perusahaan karena menunjukan efek-efek dari rasio likuiditas, rasio manajemen aktiva, dan rasio utang. Investor selalu melihat seberapa besar keuntungan yang akan diperoleh, maka dapat menghitung dengan rasio EPS, ROE, ROA dan NPM, karena rasio tersebut merupakan rasio keuntungan. Penelitian yang dilakukan oleh Sasongko dan Wulandari (2005) menyatakan bahwa EPS yang berpengaruh terhadap harga saham. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun simultan antara variabel EPS, ROE, ROA, dan NPM terhadap harga saham.

Jenis data penelitian ini adalah skunder, teknik pengumpulan data adalah teknik dokumentasi yang diperoleh dari Indonesia Capital Market Direktory (ICMD). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan LQ-45 periode 2005-2007. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik porposive sampling sehingga diperoleh sampel 28 perusahaan. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda.

Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial variabel NPM mempunyai pengaruh signifikan terhadap harga saham LQ-45, EPS, ROE dan ROA tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap harga saham LQ-45. Sedangkan secara simultan variabel EPS, ROE, ROA dan NPM berpengaruh signifikan terhadap harga saham.

Berdasarkan hasil penelitian, disarankan bagi investor diharapkan memperhatikan faktor-faktor lain yang mempengaruhi harga saham, sedangkan bagi peneliti selanjutnya dapat menambah variabel lain dan menggunakan data periode pengamatan terbaru, sehingga hasilnya lebih mencerminkan keadaan pasar modal di Indonesia yang sesungguhnya. Bagi Perusahaan Sebaiknya perusahaan memberikan informasi yang transparan kepada para investor, sehingga investor bisa mengetahui kondisi perusahaan yang sebenarnya.