SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE THINK PAIR AND SHARE (TPS) DAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATA DIKLAT AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS 4 DI SMA NEGERI 10 MALANG (Dengan Standar Kompetensi Menaf

Andrie Choirurriza

Abstrak


ABSTRAK

 

Choirurriza, Andrie. 2010. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Metode Think Pair and Share (TPS) dan Talking Stick untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Mata Diklat Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 4 di SMA Negeri 10 Malang (dengan Standar Kompetensi Menafsirkan Persamaan Akuntansi). Skripsi, Jurusan Akuntansi Program Studi SI Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Dyah Aju Wardhani, M. Si. Ak. (II) Ika Putri Larasati S.E. MCom.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Metode Think Pair and Share (TPS), Talking Stick , Motivasi dan Hasil Belajar

Berdasarkan observasi awal dan wawancara dengan guru mata diklat Akuntansi khususnya kelas IX IPS 4 SMA Negeri 10 Malang, metode belajar mengajar yang selama ini digunakan adalah dengan metode ceramah. Diketahui bahwa kemampuan siswa kurang optimal dan kurangnya motivasi untuk belajar. Penerapan pembelajaran (Teacher Centre) jarang melibatkan siswa sehingga mengakibatkan siswa cenderung pasif selama proses belajar mengajar. Kegiatan pembelajaran merupakan salah satu cara guru dalam memberikan ilmu pada siswa secara aktif untuk perlu mendapat perhatian khusus. Salah satu pendekatan pembelajaran yang memperhatikan hal tersebut adalah pembelajaran kooperatif model Think Pair and Share (TPS). Penerapan pembelajaran ini menekankan keaktifan dan kemandirian siswa untuk belajar berpikir, bertukar pikiran (kerjasama) dan berinteraksi dengan siswa lain (presentasi). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan pembelajaran kooperatif model Think Pair and Share (TPS) dan Talking Stick pada Mata Pelajaran Akuntansi sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus dilaksanakan pada bulan Oktober-Nopember 2009. Dalam setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan melalui empat tahapan yaitu tahap perencanaan tindakan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Subyek yang diteliti adalah kelas XI IPS 4 di SMA Negeri 10 Malang sebanyak 39 Siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang bersumber langsung pada subyek yang diteliti. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, pencatatan lapangan, rubrik penilaian, tes dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair and Share (TPS) dan Talking Stick dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Adapun saran yang dapat diajukan yaitu (1) Pembelajaran kooperatif model Think Pair and Share (TPS) dan Talking Stick dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran untuk dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, (2) Penerapan pembelajaran Think Pair and Share (TPS) dan Talking Stick hendaknya disesuaikan dengan mata pelajaran dan kondisi siswa, (3) Penelitian ini hendaknya dapat diteruskan oleh peneliti selanjutnya dengan menggunakan tindakan kelas lebih dari 2 siklus agar mendapatkan hasil yang maksimal.