SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Pada PT. SEMEN GRESIK (Persero) Tbk

aldilah hernanto

Abstrak


ABSTRAK

 

 Hernanto, Aldilah. 2010. Analisis Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Pada PT. SEMEN GRESIK (Persero) Tbk. Tugas ahkir, Jurusan DIII Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.

                  Pembimbing: Dr. Nurika R, S.E., M.Si., Ak.

 

Kata Kunci: Rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio profitabilitas, kinerja keuangan

        Dalam penulisan Tugas ahkir ini penulis memilih PT. SEMEN GRESIK sebagai tempat penelitian untuk mengetahui kinerja keuanganya. Dalam penilaian kinerja perusahaan terdapat aspek yang dapat dilihat yaitu finansial, dalam sudut pandang financial keberhasilan suatu perusahaan dalam menjalankan operasionalnya dapat dilihat dari laporan keuangan yang disusun pada setiap ahkir periode, dengan tujuan dapat mengetahui seberapa besar tingkat kinerja keuangan perusahaan jika dilihat dari rasio likuiditas, rasio solvabilitas, dan rasio profitabilitas.

            Profitabilitas adalah kemampuan perusahaan menghasilkan keuntungan untuk meningkatkan pertumbuhan perusahaan baik untuk jangka panjang maupun untuk jangka pendek. Solvabilitas adalah kemampuan perusahaan untuk memenuhi seluruh kewajibanya, solvabilitas diukur dengan membuat perbandingan seluruh kewajiban terhadap seluruh aktiva dan perbandingan seluruh kewajiban terhadap ekuitas. Likuiditas adalah kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban lancarnya yang diukur dengan menggunakan perbandingan antara aktiva lancar dengan kewajiban lancar.

            PT. SEMEN GRESIK jika dilihat dari rasio-rasio likuiditas dari tahun 2005-2007 mengalami kenaikan, dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban financialnya masih dikatakan baik. Jika dilihat dari rasio-rasio solvabilitas dari tahun 2005-2007 mengalami penurunan, dapat disimpulkan bahwa tingkat solvabilitas perusahaan dikatakan baik. Jika dilihat dari rasio-rasio profitabilitas dari tahun 2005-2007 mengalami peningkatan dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa rasio profitabilitas dari perusahaan dapat dikatakan baik karena menghasilkan laba.

            Disarankan bahwa untuk menjamin tingkat likuiditas perusahaan agar tetap baik, dan manajemen diharapkan mampu meningkatkan jumlah aktiva lancar berupa kas. Untuk menjamin tingkat solvabilitas perusahaan agar tetap baik, manajemen diharapkan dalam kegiatan pendanaan produksi perusahaan melakukan pembiayaan dengan kas dari pada memilih melakukan hutang. Untuk meningkatkan keuntungan perusahaan, manajemen perlu melakukan langkah-langkah seperti: meningkatkan jumlah penjualan, melakukan kebijakan-kebijakan yang dapat meningkatkan profitabilitas perusahaan