SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH DIVIDEND PAY OUT RATIO, CURRENT RATIO, VARIENCE OF EARNING GROWTH TERHADAP PRICE EARNING RATIO (PER) PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA PADA TAHUN 2005-2007

elfrida lombu

Abstrak


ABSTRAK

Lombu, Elfrida. 2010. Pengaruh Dividend Pay Out Ratio, Current Ratio,Varience of Earning Growth Terhadap Price Earning Ratio Pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di BEI. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Sri Pujiningsih,S.Pd, M.M. (II) Dr.Cipto Wardayo, S.E, M.Si, Ak.

 

Kata Kunci : Dividend Pay Out Ratio, Current Ratio, Varience of Earning Growth dan Price Earning Ratio (PER)

Tujuan perusahaan menanamkan modalnya adalah untuk  menghasilkan keuntungan untuk meningkatkan nilai perusahaan dan kesejahteraan pemegang saham selaku pemilik perusahaan.. Dengan melakukan pembelian saham, investor mengharapkan akan memperoleh beberapa keuntungan antara lain berupa Capital gain dan Dividend meskipun harus menaggung resiko pada tingkat tertentu. Dalam proses investasi dalam bentuk saham, penilaian atas saham merupakan kegiatan yang sangat penting. Sehubungan dengan hal itu adanya pertimbangan tentang prospek perusahaan masa yang akan datang antara lain dengan mempertimbangkan laba perusahaan, pertumbuhan penjualan dan aktiva selama kurun waktu tertentu.. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh Dividend Pay Out Ratio, Current Ratio, dan Varience of Earning Growth  secara parsial dan simultan terhadap Price Earning Ratio . Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang listing di BEI tahun 2005 - 2007. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu perusahaan manufaktur yang membuat laporan keuangan, dan membagikan dividend selama tiga tahun berturut-turut pada tahun 2005 - 2007. Data yang digunakan adalah data sekunder, berupa laporan keuangan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI sejumlah 152 perusahaan. Dengan sampel penelitian 25 perusahaan.

Hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan variable Dividend Pay Out Ratio, Current Ratio, dan Varience of Earning Growth berpengaruh signifikan terhadap Price Earning Ratio. Hal ini menunjukkan bahwa keempat variabel ini merupakan faktor-faktor yang akan dijadikan pertimbangan bagi investor dalam berinvestasi. Dengan menggunakan signifikansi sebesar 5% secara parsial variable Dividend Pay Out Ratio, Current Ratio, dan Varience of Earning Growth tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Price earning Ratio.Hal ini menunjukkan bahwa keempat variabel ini kurang menarik perhatian investor karena tidak memberikan keuntungan dimasa yang akan datang.

Hasil penelitian ini sejalan dengan bird in the hand theory, dimana para pemegang saham ternyata menginginkan adanya pembagian/ pembayaran dividen. Ada beberapa kelemahan dari penelitian ini, salah satunya adalah tidak memperhitungkan variabel lain yang bisa mempengaruhi price earning ratio, seperti kebutuhan dana perusahaan, ketersediaan kas, pajak,dsb. Dianjurkan untuk penelitian selanjutnya, menggunakan faktor lain yang bisa mempengaruhi price earning ratio, menggunakan sampel yang berbeda menggunakan metode lain, serta memperpanjang tahun penelitian