SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Pengaruh Pendidikan dan Latihan (Diklat) Akuntansi sebagai Upaya Peningkatan Pengendalian Intern Koperasi di Jawa Timur (Studi pada Koperasi yang telah Mengikuti Diklat di UPT Diklat Koperasi dan UMKM Jawa Timur)

Hetik Yuliati

Abstrak


ABSTRAK

 

Yuliati, Hetik. 2010. Analisis Pengaruh Pendidikan dan Latihan (Diklat) Akuntansi sebagai Upaya Peningkatan Pengendalian Intern Koperasi di Jawa Timur (Studi pada Koperasi yang telah Mengikuti Diklat di UPT Diklat Koperasi dan UMKM Jawa Timur). Jurusan Akuntansi Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Diana Tien Irafahmi, S.Pd., M.Ed. (2) Dr. Puji Handayati, S.E., M.M., Ak.

 

Kata kunci: pendidikan dan latihan akuntansi, kognitif, afektif, psikomotorik,peningkatan pengendalian intern koperasi

Koperasi memiliki peranan yang sangat penting dalam perkembangan ekonomi di Indonesia. Informasi akuntansi dalam koperasi berperan dalam mencapai keberhasilan usaha dan dapat dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan ekonomis dalam pengelolaan usaha. Informasi akuntansi merupakan salah satu komponen pengendalian internal perusahaan. Penerapan akuntansi dalam koperasi yang sesuai dengan standarisasi, dapat menciptakan system pengendalian intern yang baik. Pembelajaran akuntansi untuk koperasi perlu dilakukan sebagai upaya peningkatan kinerja dan perkembangan koperasi di Indonesia untuk memberikan pengarahan dan pembelajaran kepada koperasi tentang akuntansi.

Dalam menganalis penelitian ini, penulis merumuskan tujuan penelitian, yaitu untuk mengetahui apakah peserta diklat akuntansi untuk koperasi di UPT Diklat Koperasi dan UMKM Jawa Timur telah memenuhi pencapaian tujuan kognitif, afektif, dan psikomotorik. dan untuk mengetahui apakah diklat akuntansi dengan tujuan kognitif, tujuan afektif, dan tujuan psikomotorik di UPT Diklat Koperasi dan UMKM Jawa Timur berpengaruh untuk meningkatkan pengendalian intern koperasi di Jawa Timur.

Dalam mendukung pencapaian dari rumusan tersebut penulis menggunakan metode penelitian penjelasan atau explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh koperasi yang pernah menjadi peserta didik dalam diklat akuntansi pada tahun 2008 dan 2009 di UPT Diklat Koperasi dan UMKM Jawa Timur yaitu bejumlah 120 peserta. Sampel yang diambil dari penelitian ini adalah 55 responden. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket atau kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan jenis analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tujuan kognitif dan efektif diklat akuntansi tidak berpengaruh terhadap peningkatan pengendalian intern koperasi di Jawa Timur. Sedangkan untuk tujuan psikomotorik diklat akuntansi di UPT diklat Koperasi dan UMKM berpengeruh secara signifikan dan positif dalam peningkatan pengendalian intern koperasi di Jawa Timur. Dengan adanya hasil penelitian diatas, maka penulis emembeikan beberapa saran, yaitu UPT Diklat hendaknya memberikan pengajaran yang lebih spesifik sesuai dengan akuntansi yang digunakan oleh koperasi dan memperbanyak jumlah peserta diklat, peserta diklat lebih bertanggungjawab dan mengaplikasikan pelajaran, adanya seleksi dari dinas koperasi di masing-masing kabupaten, dan adanya reward untuk koperasi yang berhasil mengaplikasikan akuntansi dengan baik.