SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Pembentukan Portofolio Optimal dengan Menggunakan metode Mean Variance Model dan single Index Model

Rizki Sukmawardani

Abstrak


ABSTRAK

 

Sukmawardani, Rizki. 2010. Analisis Pembentukan Portofolio Optimal dengan Menggunakan Metode Mean Variance Model dan Single Index Model (Studi pada Saham Jakarta Islamic Index Terpilih Periode 2007-2009). Skripsi. Jurusan Akuntansi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Triadi Agung Sudarto, S.E., M.Si, Ak. (2) Eka Ananta Sidharta, S.E., M.Si, Ak.

 

Kata Kunci: Portofolio Optimal, Saham Jakarta Islamic Index, Metode Single Index Model, dan Metode Mean Variance Model.

 

Dalam syariah Islam, kepemilikan suatu perusahaan melalui saham pada konsep kepemilikan modern bersesuaian dengan bentuk usaha serikat atau partnership yang banyak diatur pada fiqh Islam. Terwujudnya pasar modal syariah yang produknya sesuai dengan konsep islami menjadi harapan sebagian besar pelaku ekonomi syariah. Pasar modal merupakan tempat pertemuan antara pihak penjual dan pembeli. Pasar modal berusaha mempertemukan penjual dan pembeli modal. Pembeli modal dapat berinvestasi di pasar modal dengan berbagai jenis instrument investasi diantaranya adalah saham.

Saham adalah jenis investasi dengan tipe high risk high return yaitu mempunyai resiko yang tinggi tetapi dapat menghasilkan keuntungan yang tinggi pula. Portofolio saham adalah sekumpulan saham yang dimiliki oleh seorang investor. Portofolio saham yang optimal bertujuan memaksimalkan nilai expected return dan meminimalkan resiko dengan cara mengkombinasikan beberapa saham dengan proporsi yang tepat.

Dalam proses pembentukan portofolio terdapat model-model yang digunakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode single index model dan mean variance model. Metode single index model merupakan metode dimana return saham suatu emiten memiliki hubungan linier dengan return pasar. Mean variance model merupakan metode dimana return suatu saham memiliki hubungan dengan return saham lainnya. Penalitian ini bertujuan untuk mengetahui model yang dapat menghasilkan nilai expected return terbesar dan saat bersamaan memiliki resiko yang terkecil di dalam porofolio saham. Penelitian ini menggunakan data penutupan bulanan 15 emiten saham Jakarta Islamic Index (JII) terpilih dengan periode pengambilan data selama 3 tahun dimulai dari bulan Januari 2007 sampai dengan bulan Desember 2009 dengan menggunakan metode purposive sampling.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode yang terbaik dalam merancang portofolio optimal JII adalah metode single index model dengan nilai projected return sebesar 5,47% per bulan. Perusahaan yang termasuk di dalam portofolio optimal dengan menggunakan metode single index model adalah Timah (Persero), Tbk (TINS), Tambang Batu Bara Bukit Asam, Tbk (PTBA), Unilever, Tbk (UNVR) dan Bumi Resources, Tbk (BUMI). Sedangkan dengan menggunakan metode mean variance model, saham yang termasuk portofolio optimal adalah Bumi Resources, Tbk (BUMI) dan Unilever, Tbk (UNVR).