SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility dalam Laporan Tahunan terhadap Kenaikan Volume Penjualan Saham pada Perusahaan High Profile yang Listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2008

Silvia Nilam Aprila Putri

Abstrak


ABSTRAK

 

Putri, Silvia Nilam Aprila. 2010. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility dalam Laporan Tahunan terhadap Kenaikan Volume Penjualan Saham pada Perusahaan High Profile yang Listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2008. Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Satia Nur Maharani, S.E., M.Sa., Ak., (2) Dr. Bambang Sugeng, S.E., M.A., M.M.Ak

 

Kata Kunci: corporate social responsibility, volume penjualan saham

 

            Persaingan yang semakin ketat dalam dunia usaha dan semakin berkembangnya tekhnologi mengakibatkan perusahaan hanya melakukan kegiatan operasinya sebagai organisasi bisnis dan seringkali lupa akan fungsinya sebagai organisasi sosial. Dalam menjalankan bisnisnya, perusahaan seharusnya mampu memenuhi tuntutan masyarakat dan stakeholders lainnya sebagai organisasi yang telah melaksanakan tanggung jawab sosialnya dan mengungkapkannya dalam laporan tahunan perusahaan yang akan digunakan stakeholders dalam pengambilan keputusan investasinya pada perusahaan tersebut yang akan berpengaruh terhadap kenaikan volume penjualan saham perusahaan tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility) dalam laporan tahunan perusahaan terhadap kenaikan volume penjualan saham. Berdasarkan metode purposive sampling, telah diperoleh 30 sampel dari 213 populasi perusahaan high profile yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2008. Variabel terikat (dependent) dalam penelitian ini adalah volume penjualan saham, sedangkan variabel bebasnya (independent) adalah pengungkapan corporate social responsibility. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji asumsi klasik berupa uji normalitas dan uji regresi sederhana.

Pada pengujian hipotesis diperoleh hasil bahwa pengungkapan corporate social responsibility dalam laporan tahunan tidak berpengaruh terhadap kenaikan volume penjualan saham yang ditunjukkan dengan angka signifikansi sebesar 0,47 yang berarti lebih dari 0,05. Penelitian ini juga menunjukkan koefisien regresi sebesar -0,003 yang berarti apabila pengungkapan tanggung jawab sosial bertambah 1, maka volume penjualan saham menurun sebesar 0,003%. R Square yang menunjukkan angka 0,018  menggambarkan bahwa indeks pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan memiliki pengaruh 1,8% terhadap kenaikan volume penjualan saham dan 98,2% lainnya dipengaruhi oleh faktor luar.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan agar pada penelitian selanjutnya menggunakan sampel yang lebih luas sehingga hasilnya akan lebih mencerminkan keadaan pasar modal di Indonesia dan menambahkan variabel lain yang potensial berpengaruh terhadap volume penjualan saham.


ABSTRACT

 

Putri, Silvia Nilam Aprila. 2010. The Influence of Corporate Social Responsibility Disclosure in Annual Report to the Increase of Trading Volume Activity on High Profile Company that Listing in Bursa Efek Indonesia (BEI) in 2008. Thesis, S1 Accounting Program in State University of Malang. Advisors: (1) Satia Nur Maharani, S.E., M.Sa., Ak., (2) Dr. Bambang Sugeng, S.E., M.A., M.M.Ak

 

Keywords: corporate social responsibility, trading volume activity

 

The increasing of competition in the business world and the developing of technology resulted in the company only operate as an organization business and often forget its function as a social organization. In conducting their business, the company should be able to meet the demands of society and other stakeholders as an organization that has carried out their social responsibility and express them in annual reports of companies that will use the stakeholders in decision-making investments in companies that will influence the trading volume activity of the company.

This study aimed to test the effect of corporate social responsibility disclosure in annual reports to the increase of trading volume activity. Based on a purposive sampling method, has obtained 30 samples from 213 populations of high-profile companies that listing on the Bursa Efek Indonesia (BEI) in the year 2008. Dependent variable in this study is the trading volume activity, while the independent variables is the corporate social responsibility disclosure. This research was carried out using classical assumption of normality test and simple regression test.

In the hypothesis testing result that corporate social responsibility disclosure in annual reports did not influence the increase of trading volume activity with the number of shares indicated the significance of 0.47, which means more than 0.05. This study also shows the regression coefficient of -0.003 which means that if the social responsibility disclosure increases first, then the trading volume activity decreased by 0.003%. R Square is 0.018 indicates figures illustrate that the indices of corporate social responsibility disclosure has the effect of 1.8% to the increase of trading volume activity and 98.2% others affected by external factors.

Based on these results, it can be suggested that further research using a larger sample so the results will reflect the state of capital markets in Indonesia better and to add other variables which potentially influence the trading volume activity.