SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Implementasi E-learning Sebagai Media Interaktif Berbasis Web Site dengan Menggunakan Moodle Pada Program Keahlian Akuntansi di SMKN 1 Pogalan Trenggalek.

RAFIATUL HUSNA

Abstrak


ABSTRAK

 

Husna, Rafiatul. 2010. Implementasi E-learning Sebagai Media Interaktif Berbasis Web Site dengan Menggunakan Moodle Pada Program Keahlian Akuntansi di SMKN 1 Pogalan Trenggalek. Skripsi, Jurusan Akuntansi. Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(1) Satia Nur Maharani, S.E.,M.Si.,Ak (2) Triadi Agung S, S.E.,M.Si.,Ak

 

Kata kunci: Implementasi, media interaktif, e-learning, website, moodle

Media pembelajaran memiliki peranan sangat penting dalam proses pembelajaran. Media membantu proses penyampaian informasi dari guru dan siswa. Media juga menjadikan sesuatu yang abstrak dan sulit dimengerti bagi siswa menjadi lebih jelas dan mudah dimengerti. Seiring dengan perkembangan teknologi maka keberadan media berbasis komputer banyak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan sebuh media pembelajaran akuntansi yang berbasis website dengan menggunakan moodle, yaitu salah satu aplikasi dari e-learning yang dapat dipergunakan dalam kegiatan pembelajaran dan mudah dalam pembuatannya.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, sedangkan untuk tahapan pembuatan media yang diimplementasikan menggunakan model prosedural  yaitu model yang bersifat deskriptif , menunjukkan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Adapun analisa data hasil validasi dengan metode kualitatif deskriptif

Pengambilan data validasi media dilakukan dengan menggunakan instrument berupa kuisioner dan wawancara kepada ahli media, ahli materi.  Kegiatan validasi dilakukan di SMKN 1 Pogalan Trenggalek dan Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Dari hasil analisa data didapatkan kesimpulan bahwa media yang dikembangkan sudah memenuhi criteria layak. Dari hasil pretes dan postes diperoleh peningkatan hasil belajar 17,5% dengan diimplementasikannya media. Rata-rata nilai siswa secara keseluruhan juga mengalami peningkatan. Meskipun demikian ada beberapa hal yang perlu direvisi dan mendapatkan perhatian khusus diantaranya adalah pemilihan jenis huruf, tema, dan warna serta gambar yang ada dalam media. Responden memberikan penilaian yang kurang positif pada butir tersebut. Revisi dari ahli media dan ahli matei dilakukan sebelum media diterapkan kepada siswa.

Media yang dikembangkan hanya terbatas pada pelajaran akuntansi  pokok bahasan menyusun laporan keuangan pada kelas X SMK. Implementasi maupun pengembangan lebih lanjut dapat dilakukan dengan cara memperluas materi dan jenjang sekolah mulai dari tingkat SD sampai universitas maupun sekolah non formal lainnya.