SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Perputaran Modal Kerja terhadap Profitabilitas ( Study pada 50 Leading Companies in Market Capitalization yang Listing di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006-2008)

Ratna Tri Wahyuni

Abstrak


ABSTRAK

 

Wahyuni, Ratna Tri 2010. Pengaruh Perputaran Modal Kerja terhadap Profitabilitas (Studi pada 50 Leading Companies in Market Capitalization yang Listing di Bursa Efek Indonesia tahun 2006-2008). Skripsi, Jurusan Akuntansi Program Studi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Puji Handayati, S.E, M.M, Ak dan Pembimbing (II) Makaryanawati, S.E, M.Si, Ak

 

Kata-kata kunci: Perputaran Kas, Perputaran Piutang, Perputaran Persediaan, Profitabilitas

 

Keberadaan modal kerja sangat penting bagi perusahaan karena modal kerja digunakan perusahaan untuk memperlancar kegiatan operasionalnya. Modal kerja harus dikelola dengan baik supaya tidak terjadi kelebihan atau kekurangan modal kerja. Kelebihan modal mengakibatkan adanya dana menganggur dan kekurangan modal membuat perusahaan tidak dapat beroperasi. Modal kerja harus dalam keadaan berputar agar perusahaan dapat beroperasi secara terus menerus sehingga profitabilitasnya meningkat.

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanasi. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perputaran kas (X1), perputaran piutang (X2) dan perputaran persediaan (X3) sebagai variabel bebas dan Return on Equity/ROE sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang masuk dalam 50 Leading Companies in Market Capitalization di Bursa Efek Indonesia periode 2006-2008. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling.

Penelitian ini menggunakan 12 perusahaan yang dijadikan sampel. Pengumpulan data dengan teknik dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perputaran kas (X1), perputaran piutang (X2) dan perputaran persediaan (X3) secara parsial berpengaruh terhadap Return on Equity/ROE serta perputaran kas (X1), perputaran piutang (X2) dan perputaran persediaan (X3) secara simultan berpengaruh terhadap Return on Equity/ROE.Dimana ROE digunakan untuk mengukur profitabilitas.

Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang dapat diberikan bagi perusahaan hendaknya mengelola modal kerja dengan baik agar perusahaan memperoleh keuntungan yang maksimal. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah menambah variabel bebas yang diduga berpengaruh terhadap profitabilitas seperti leverage, aktivitas dan likuiditas. Selanjutnya saran untuk investor adalah sebelum melakukan investasi, investor diharapkan untuk menganalisis laporan keuangan untuk memberikan gambaran keadaan perusahaan.