SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Rasio-Rasio Keuangan terhadap Return Saham pada Perusahaan Perbankan yang Listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2003-2008

Prisya Delviyanti Siregar

Abstrak


ABSTRAK

  

Siregar. Prisya Delviyanti 2010. Pengaruh Rasio-Rasio Kinerja Keuangan  Terhadap   Re turn Saham Pada Perusahaan Perbankan Yang Listing  Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2003-2008. Skripsi, Jurusan Akuntansi Program Studi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Bambang Sugeng, M.A., M.M., Ak (II) Satia Nur Maharani, S.E., M.Sa., Ak.

 

Kata-kata kunci:  Rasio Keungan,Capital Adequacy Ratio (CAR) , Loan to Deposit Ratio (LDR), Net Profit Margin (NPM), Return on Equity (ROE), Return on Assets (ROA), Earning Per Share (EPS), Non Performing Loans (NPL), Return Saham

            Analisis rasio keuangan sangat diperlukan bagi penilaian prestasi usaha yang telah dilakukan oleh sebuah perusahaan. Analisis rasio digunakan untuk menyajikan suatu cara guna mengungkapkan kondisi keuangan, kesehatan, dan prestasi usaha suatu bank.Variabel yang digunakan untuk mengukur Rasio keuangan dalam penelitian ini yaitu Capital Adequacy Ratio (CAR) , Loan to Deposit Ratio (LDR), Net Profit Margin (NPM), Return on Equity (ROE), Return on Assets (ROA), Earning Per Share (EPS), Non Performing Loans (NPL).

            Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Capital Adequacy Ratio (CAR) , Loan to Deposit Ratio (LDR), Net Profit Margin (NPM), Return on Equity (ROE), Return on Assets (ROA), Earning Per Share (EPS), Non Performing Loans (NPL) berpengaruh terhadap return saham perusahaan perbankan yang listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2003-2008.

            Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah CAR (X1) , LDR (X2), NPM (X3), ROE (X4), ROA (X5), EPS (X6), NPL (X7) sebagai variabel bebas dan return saham sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling.

            Penelitian ini menggunakan 11 perusahaan perbankan yang dijadikan sampel. Pengumpulan data adalah dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data digunakan adalah analisis regresi berganda dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel CAR (X1) , LDR (X2), NPM (X3), ROE (X4), ROA (X5), EPS (X6), NPL (X7) berpengaruh terhadap Return saham.

            Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan untuk peneliti selanjutnya penambahan variabel lain yaitu suku bunga, inflasi dan nilai tukar. Implikasi dari penelitian ini diharapkan investor menganalisis laporan keuangan untuk memberikan gambaran keadaan dan financial suatu perusahaan sebelum melakukan investasi.