SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Non Performing Loan (NPL) Terhadap Pembiayaan Yang Diberikan Pada Bank Syariah Tahun 2005-2009

Wahyudi .

Abstrak


ABSTRAK

 

Wahyudi. 2010. Pengaruh Non Performing Loan (NPL) Terhadap Pembiayaan Yang Diberikan Pada Bank Syariah Tahun 2005-2009. Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Dyah Aju Wardhani, M.Si., Ak, (II) Hj.Yuli Widi Astuti, S.E., M.Si., Ak.

 

Kata Kunci: Non Performing Loan,Pembiayaan Yang Diberikan

 

Sebelum melakukan penyaluran dana, para manajer perlu memperhatikan Batas Maksimum Pemberian Kredit (BMPK) bank umum dengan menganalisis laporan keuangan bank yang akan dipilih untuk mengetahui non performing loan (NPL) dan pembiayaan yang diberikan. Analisis laporan keuangan yang digunakan adalah dengan melihat neraca gabungan bank syariah, komponen non performing loan (NPL) dan komponen pembiayaan.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh non performing loan (NPL) terhadap pembiayaan pada bank syariah tahun 2005-2009. Dan non performing loan diukur menurut kategori non performing loan (NPL). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah bank syariah, yaitu: bank umum syariah dan unit usaha syariah pada tahun 2005-2009. Dari populasi dan sampel penelitian diperoleh dari 20 laporan statistik bank syariah secara kuartalan yang dijadikan sampel dalam penelitian ini, karena sampel penelitian adalah populasi maka penelitian ini disebut penelitian populasi. 

Penelitian ini menggunakan pengujian hipotesis yang diuji dengan analisis regresi sederhana dengan dilakukan dengan menggunakan non performing loan (NPL) sebagai variabel independen untuk mengetahui pengaruh dari komponen non performing loan terhadap pembiayaan yang diberikan. Dari hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa non performing loan (NPL) berpengaruh positif terhadap pembiayaan yang diberikan. Hal ini akan mempengaruhi kinerja bank syariah untuk melakukan penyaluran dana kembali. Kinerja bank syariah baik mencerminkan kinerja manajer kredit bank syariah dalam menyalurkan dana juga baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disarankan untuk bank syariah adalah meningkatkan kinerja manajer non performing loan (NPL) agar tidak mempengaruhi pembiayaan yang diberikan. Dalam berinvestasi, investor hendaknya bisa menilai kinerja dari laporan keuangan, bukan hanya spekulasi belaka. Untuk penelitian selanjutnya agar menambahkan variabel lain yang lebih potensial memberikan kontribusi terhadap pembiayaan yang diberikan, seperti inflasi, nisbah bagi hasil, dana pihak ketiga serta data laporan keuangan bank syariah.