SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PERSEPSI SISWA ATAS KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 MALANG

EUIS KANTARINATA

Abstrak


ABSTRAK

Kantarinata, Euis. 2010. Pengaruh Persepsi Siswa atas Keterampilan Mengajar Guru dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, S1 Pendidikan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Diana Tien Irafahmi, S.Pd., M.Ed. (II) Sawitri Dwi  Prastiti, S.E., M.Si., Ak.

 

Kata kunci : Persepsi Siswa atas Keterampilan Mengajar Guru, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Akuntansi

 

Mutu pendidikan saat ini perlu ditingkatkan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Guru mempunyai peranan yang cukup besar dalam menentukan keberhasilan peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan. Peranan guru sangat penting dalam pelaksanaan pendidikan karena guru adalah pihak yang paling dekat berhubungan dengan peserta didik dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah. Dengan kata lain keterampilan mengajar guru diperlukan dalam proses kegiatan belajar mengajar yang berimplikasi terhadap kualitas prestasi belajar siswa dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh baik secara parsial maupun simultan persepsi siswa atas keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa.

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanasi. Data diambil dari populasi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Malang. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan proportional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan Pearson Product Moment untuk uji validitas, Alpha Cronbanch untuk uji reliabilitas, dan regresi berganda untuk mengetahui pengaruh baik secara parsial maupun simultan dari variabel-variabel dalam penelitian.

Dari hasil analisis data diketahui terdapat pengaruh parsial antara persepsi siswa atas keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar dengan nilai sig t (0,011) < α 0,050 dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai sig t (0,021) < α 0,050. Terdapat pula pengaruh simultan antara persepsi siswa atas keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa  dengan nilai sig F (0,039) < α 0,050. Nilai R square sebesar 0,141 menunjukkan bahwa variabel persepsi siswa atas keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar secara bersama-sama mempengaruhi prestasi belajar siswa sebesar 14,1%. Sedangkan sisanya dipengaruhi variabel lain di luar penelitian.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan para guru untuk mengikuti diklat pendidikan tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan nasional untuk menambah wawasan dan kemampuan mengajar, yang dapat menjadi tolak ukur keberhasilan guru di kelas dalam mengajar serta menjadi salah satu sumbangan informasi bagi guru bahwa keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.