SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Good Corporate Governance terhadap Kinerja Keuangan dan Return Saham Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2005-2008

ANDIKA WIDIARSA

Abstrak


ABSTRAK

 

Widiarsa, Andika. 2010. Pengaruh Good Corporate Governance terhadap Kinerja Keuangan dan Return Saham Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2005-2008. Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Nurika Restuningdiah, S.E., M.Si., Ak.. (II) Satia Nur Maharani, S.E., M.Sa., Ak..

 

Kata Kunci: Good Corporate Governance, Kinerja Keuangan, dan Return Saham.

 

Perusahaan merupakan lembaga yang memiliki tujuan menghasilkan keuntungan  untuk meningkatkan nilai perusahaan dan kesejahteraan pemegang saham selaku pemilik perusahaan. Saat ini perusahaan dituntut untuk dapat mengelola keuntungan atau laba secara optimal, karena besar kecilnya laba yang diperoleh perusahaan akan menentukan keberlangsungan perusahaan tersebut masa yang akan datang. Pengelolaan perusahaan yang baik akan menghasilkan manfaat bagi kinerja perusahaan dan pemegang saham baik untuk jangka pendek  maupun jangka panjang.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh good corporate governance terhadap kinerja keuangan dan return saham secara langsung dan tidak langsung. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatif. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2005-2008. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik  combine sampling (purposive random sampling), yaitu perusahaan manufaktur yang melaksanakan mekanisme good corporate governance berupa kepemilikan institusional selama empat tahun berturut-turut pada tahun 2005-2008. Data yang digunakan adalah data sekunder, berupa laporan keuangan yang dipublikasikan pada Indonesian Capital Market Directory 2006-2009. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis jalur (path analysis).

Hasil analisis menunjukkan bahwa baik secara langsung maupun tidak langsung good corporate governance berpengaruh secara singnifikan terhadap kinerja keuangan dan return saham. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan good corporate governance membawa manfaat terhadap kondisi kinerja keuangan dan berakibat pada meningkatnya return saham. Selain itu, hasil pengujian juga menunjukkan bahwa kinerja keuangan mampu menjadi variabel moderator yang memperkuat pengaruh good corporate governance terhadap return saham.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut dengan menambah indikator pengukuran dan menggunakan data pada tahun yang normal atau stabil.