SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH KEAKTIFAN DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 8 MALANG

IKE TESTIANA

Abstrak


ABSTRAK

 

Testiana, Ike. 2010. Pengaruh Keaktifan dalam Kegiatan Ekstrakurikuler dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 8 Malang. Jurusan Akuntansi, Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang, Pembimbing (1) Dr. Tuhardjo, S.E., M.Si., Ak. (2) Sawitri Dwi Prastiti, S.E., M.Si., Ak.

Kata Kunci: Keaktifan dalam Kegiatan Ekstrakurikuler, Minat Belajar, Prestasi Belajar.

Keaktifan dalam kegiatan ekstrakurikuler dan minat belajar merupakan salah satu diantara faktor-faktor yang berpengaruh terhadap prestasi belajar. Kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan diharapkan dapat menjadi sarana penunjang perkembangan siswa. Siswa yang mempunyai minat belajar yang tinggi, tentu ia akan berusaha untuk lebih giat lagi dalam belajar maupun melakukan semua kegiatan ekstrakurikuler yang diikutinya. Prestasi belajar dapat diartikan hasil belajar yang diperoleh siswa dalam belajar Akuntansi.Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan apakah ada pengaruh antara keaktifan dalam kegiatan ekstrakurikuler (X1) dan minat belajar (X2) terhadap prestasi belajar (Y).

Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian eksplanasi. Analisis statistik inferensial dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, yaitu siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Malang yang berjumlah 71 siswa.

Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh signifikan antara keaktifan dalam kegiatan ekstrakurikuler (X1) terhadap prestasi belajar mata pelajaran Akuntansi. Dibuktikan dari nilai thitung(3,529) > ttabel(1,995). Variabel minat belajar (X2) berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran Akuntansi. Hal ini ditunjukkan dari nilai thitung (5,238) > ttabel (1,995). Dari hasil uji secara simultan diketahui F hitung (21,75) > Ftabel (19,3). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara keaktifan dalam kegiatan ekstrakurikuler dan minat belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Malang.

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa keaktifan dalam kegiatan ekstrakurikuler dan minat belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran Akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Malang. Disarankan bagi Universitas Negeri Malang untuk memberi motivasi kepada sekolah dengan merujuk pada hasil penelitian. Pihak sekolah agar  mengarahkan siswa untuk memilih kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan bakat dan minatnya serta guru diharapkan dapat menumbuhkan minat belajar yang baik pada diri siswa. Bagi siswa diharapkan dapat memilih kegiatan ekstrakurikuler yang disajikan sekolah sesuai dengan bakat dan minatnya. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat lebih mengembangkan variabel-variabel prestasi belajar siswa yang diidentifikasi.