SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PROGRAM SERTIFIKASI TERHADAP KINERJA GURU YANG TELAH TERSERTIFIKASI DI SMA NEGERI 2 PARE

Devi Dyah Kusumawardhani

Abstrak


ABSTRAK

 

Kusumawardhani, Devi Dyah. 2010. Pengaruh Program Sertifikasi TerhadapKinerja Guru Yang Telah Tersertifikasi Di SMA Negeri 2 Pare. Skripsi,Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas NegeriMalang. Pembimbing : (1) Satia Nur Maharani, S.E, M.Si, Ak. (2) Dra. Hj.Siti Thoyibatun, M.Pd, M.M.

 

Kata kunci : Program Serifikasi Guru, Kinerja Guru

 

Guru memegang peran utama dalam pembangunan pendidikan, khususnyayang diselenggarakan secara formal di sekolah. Guru juga sangat menentukankeberhasilan peserta didik, terutama dalam kaitannya dengan proses belajarmengajar. Guru merupakan komponen yang paling berpengaruh terhadapterciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas. Oleh karena itu, upayaperbaikan apapun yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan tidakakan memberikan sumbangan yang berarti tanpa didukung oleh guru yangprofesional dan berkualitas. Dengan lahirnya Undang-Undang Nomor 14 Tahun2005 tentang Guru dan Dosen, maka prospek guru di masa mendatang sebagaiguru yang profesional, sejahtera dan terlindungi akan terwujud. Pengakuankedudukan guru dan dosen sebagai tenaga profesional dibuktikan dengansertifikat pendidik yang diperoleh melalui uji sertifikasi (UUGD No. 14 Tahun2005 pasal 2 dan 3).

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan : 1)bagaimana kinerjaguru yang telah tersertifikasi di SMA Negeri 2 Pare ; 2) pengaruh antara programsertifikasi guru terhadap kinerja guru yang telah tersertifikasi di SMA Negeri 2Pare. Rancangan penelitian ini adalah penelitian eksplananasi dengan pendekatankuantitatif. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresilinear sederhana. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 35 orang. Dalampenelitian ini instrumen yang digunakan adalah kuesioner atau angket dandokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa program sertifikasi guru berpengaruhpositif terhadap kinerja guru yang telah tersertifikasi di SMA Negeri 2 Pare. Haltersebut ditunjukkan dengan nilai koefisien beta bernilai positif yaitu sebesar0.892, sehingga hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Berhubungnilai R square yaitu sebesar 0,795 atau 79,5%, artinya bahwa variabel kinerjaguru (Y) dipengaruhi oleh program sertifikasi guru (X) sebesar 79,5% dan sisanya20,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian, saranyang dapat diberikan mengacu pada hasil temuan yang menyatakan bahwaprogram sertifikasi guru berpengaruh positif terhadap kinerja guru makahendaknya semua guru tetap menjaga dan harus meningkatkan kompetensiprofesionalitas guna terciptanya peningkatan terhadap mutu pendidikan. Selain ituKepala Sekolah hendaknya selalu melakukan pengawasan kepada guru yang telah tersertifikasi agar keprofesionalitasnya/kinerjanya terus meningkat.