SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN DESAIN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS I SEMESTER I SMA NEGERI 4 MALANG

Cholifatul Chasanah

Abstrak


ABSTRAK

 

Chasanah, Cholifatul. 2010. Penerapan Desain Pembelajaran Kooperatif Model Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS I Semester I SMA Negeri 4 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nurika Restuningdiah, S.E.Ak,

M.Si, (II) Dra. Hj. Sutatmi, S.E.Ak, M.Pd, M.Si.

 

Kata kunci : pembelajaran kooperatif model STAD, prestasi belajar.

 

Tujuan dalam pembelajaran akuntansi yang ingin dicapai adalah supaya siswa memiliki kemampuan dasar untuk berfikir kritis dengan rasa ingin tahu yang tinggi, mampu memecahkan masalah, dan menambah pengetahuan. Di samping itu siswa diharapkan memiliki rasa tanggung jawab dan kerjasama. Permasalahan yang terjadi di sekolah adalah kurangnya antusiasme dan motivasi belajar siswa. Hasil belajar dan aktivitas siswa terhadap pembelajaran relative rendah, sehingga perlu adanya inovasi dalam proses pembelajaran

 

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS I dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2009 dan berlangsung dalam dua siklus tindakan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas adalah siswa kelas XI IPS I SMA Negeri 4 Malang yang berjumlah 36 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan.Dalam penelitian tindakan kelas ini data yang diperoleh berupa prestasi belajar kognitif dan afektif siswa serta data pendukung berupa aktivitas guru dan catatan lapangan. Prestasi belajar kognitif siswa diukur berdasarkan peningkatan pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, dan evaluasi pada siswa. Untuk hasil belajar afektif diukur berdasarkan peningkatan penerimaan, partisipasi, penilaian, organisasi, dan pembentukan pola hidup. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi.

 

Hasil observasi kegiatan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan tingkat pengetahuan dan pemahaman materi pada siswa. Aktivitas dalam kegiatan belajar mengajar di dalam kelas mulai mengalami kemajuan yang ditandai dengan suasana diskusi kelompok yang lebih hidup. Peningkatan aktivitas kooperatif siswa selama pembelajaran telah memungkinkan siswa untuk saling berinteraksi, belajar bersama, saling membantu dan bertanggung jawab atas keberhasilan atau pencapaian individu serta kelompok. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan (1) Bagi guru untuk menerapkan pembelajaran dengan inovasi yang baru, seperti pembelajaran kooperatif model STAD supaya siswa lebih termotivasi untuk belajar (2) Bagi peneliti berikutnya diharapkan untuk meneliti dengan menggunakan metode pembelajaran yang lain dalam rangka meningkatkan pembelajaran akuntansi.