SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Quick Ratio, Cash Ratio, ROI dan ROE Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bursa Efek Indonesia Tahun 2004-2008

ALEX WIDYANTORO

Abstrak


ABSTRAK

 

Widyantoro, Alex. 2010. Pengaruh Quick Ratio, Cash Ratio, ROI dan ROE Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bursa Efek Indonesia Tahun 2004-2008. Skripsi, Jurusan Akuntansi Program Studi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Triadi Agung Sudarto, S.E.,Ak., M.Si. (II) Ika Putri Larasati, S.E., M.com.

 

Kata Kunci: Likuiditas, Profitabilitas, Dividend Payout Ratio.

 

Likuiditas dan Profitabilitas merupakan pertimbangan sebelum melakukan investasi. Dividen Payout Ratio adalah prosentase dari pendapatan yang akan dibayarkan kepada pemegang saham. Likuiditas menunjukkan kesiapan dari perusahaan untuk dapat memenuhi kewajibannya, sedangkan profitabilitas menunjukkan seberapa besar perusahaan mampu memberi kesejahteraan terhadap pemegang saham dan menjaga kelangsungan hidup perusahaannya. Dari penjelasan ini dapat disimpulkan bahwa likuiditas dan profitabiliatas merupakan aspek utama untuk mendorong investasi, going concern, dan kemakmuran baik untuk manajemen, karyawan, pemegang saham dan pemerintah. 

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan rasio keuangan yang diukur dengan Quick Ratio (QR), Cash Ratio (CSR), Return on Investment (ROI), dan Return on Equity (ROE) terhadap Dividen Payout Ratio pada perusahaan manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2004-2008.

 

Populasi yang digunakan adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2004-2008, dimana dari populasi tersebut terpilih 9 perusahaan berdasarkan metode purposive sampling dengan pooled data menggunakan laporan keuangan tahunan perusahaan diperoleh jumlah sampel sebanyak 45 data observasi. Metode pengumpulan data dengan cara dokumentasi data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan perusahan yang terdapat pada Indonesian Capital Market Directory (ICMD). Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi berganda dengan menggunakan program SPSS 16 for windows, dengan taraf signifikansi 5%.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel Quick Ratio dan Cash Ratio mempunyai hubungan searah dan tidak berpengaruh signifikan terhadap Dividen Payout Ratio. Return on Investment (ROI) mempunyai hubungan berlawanan arah dan tidak berpengaruh signifikan terhadap Dividen Payout Ratio. Return on Equity (ROE) mempunyai hubungan searah dan berpengaruh signifikan terhadap Dividen Payout Ratio pada perusahaan manufaktur yang listing di BEI pada tahun 2004-2008. Rasio keuangan yang berupa Quick Ratio (QR), Cash Ratio (CSR), Return on Investment (ROI), dan Return on Equity (ROE) mempunyai pengaruh secara simultan terhadap Dividen Payout Ratio (DPR) pada perusahaan manufaktur yang listing di BEI pada tahun 2004-2008