SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Pengaruh Kebijakan Hutang, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Ukuran Dewan Direksi, dan Komisaris terhadap Manajemen Laba (Studi pada Perusahaan Perbankan yang Listing di BEI Periode 2004-2008).

nura baktir

Abstrak


ABSTRAK

 

Baktir, Nura. 2010. Analisis Pengaruh Kebijakan Hutang, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Ukuran Dewan Direksi, dan Komisaris terhadap Manajemen Laba (Studi pada Perusahaan Perbankan yang Listing di BEI Periode 2004-2008). Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(1) Satia Nur Maharani, S.E., M.Sa., Ak. (2) Makaryanawati S.E., M.Si., Ak.

Kata Kunci: agency problem, kebijakan hutang, kepemilikan manajerial,

 

kepemilikan institusional, ukuran direksi, ukuran komisaris, bank,discretionary accrualPendelegasian wewenang dari pemilik perusahaan kepada manajer dapat menimbulkan konflik kepentingan dalam perusahaan. Hal ini dapat terjadi karena terdapat perbedaan kepentingan antara keduanya. Teori yang membahas masalah ini adalah teori keagenan dimana manajer dapat disebut sebagai agen dan pemilik sebagai prinsipal. Untuk meminimalkan konflik ini terutama pada perusahaan perbankan banyak hal yang dapat dilakukan. Seperti menerapkan kebijakan hutang, peningkatan kepemilikan manajerial, institusional, ukuran direksi, dan komisaris.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebijakan hutang, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, ukuran direksi, dan komisaris terhadap manajemen laba yang diukur dengan discretionary accrual. Populasi yang digunakan adalah perusahaan perbankan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia tahun 2004-2008. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 16 bank yang diperoleh berdasarkan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan cara dokumentasi yang diperoleh dari laporan tahunan bank yang didownload dari masing-masing website bank yang dijadikan sampel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS 16 for windows.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan kelima variable bebas tersebut berpengaruh terhadap manajemen laba. Sedangkan secara parsial kebijakan hutang, kepemilikan institusional, dan ukuran komisaris berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap manajemen laba. Variabel kepemilikan manajerial berpengaruh positif tidak signifikan terhadap manajemen laba. Variabel ukuran direksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba.

 

Untuk penelitian selanjutnya diharapkan sampel yang diteliti lebih banyak dan mewakili kondisi populasi. Selain itu juga menambah faktor-faktor yang dapat mempengaruhi manajemen laba.