SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar di SMK Islam Batu

Dyah Kartika Cahyani

Abstrak


ABSTRAK

 

Cahyani, Dyah Kartika. 2019. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar di SMK Islam Batu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd, M.Si, Ak, CA

 

Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar

Model pembelajaran discovery learning adalah suatu proses pembelajaran yang terjadi bila materi pembelajaran tidak disajikan dalam bentuk finalnya. Penggunaan model pembelajaran discovery learning menuntut siswa untuk aktif menemukan sendiri, menyelidiki sendiri, dan hasil yang diperoleh akan tahan lama dalam ingatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran akuntansi dasar di SMK Islam Batu.

Penelitian ini merupakan penelitian semu (quasi experimental) dengan menggunakan pretest dan posttest desain kelompok eksperimen dan kontrol. Subjek penelitian ditentukan berdasarkan kemampuan siswa yang hampir sama dan guru yang sama yaitu kelas X Akuntansi 1 sebagai kelompok kontrol dan kelas X Akuntansi 2 sebagai kelompok eksperimen. Variabel bebas dari penelitian ini adalah model pembelajaran discovery learning, sedangkan variabel terkat yaitu hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian yang berjumlah 10 soal. Hasil pengukuran dari hasil belajar para siswa berupa data yang selanjutnya dianalisis menggunakan t-test dengan bantuan program SPSS 21 for Windows.

Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh rata-rata gain score hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yaitu sebesar 10,85 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 2,55. Selanjutnya, hasil analisis Independent sample t-test menunjukkan bahwa pada model pembelajaran discovery learning diperoleh p-level 0.001 lebih kecil dari 0.05. Hal ini berarti  ditolak dan  diterima sehingga ada pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas X Akuntansi di SMK Islam Batu.