SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire Kelas XII IPS SMA Negeri 3 Mataram

Puri Utami

Abstrak


RINGKASAN

 

Utami, Puri. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire Kelas XII IPS SMA Negeri 3 Mataram. Skripsi, Jurusan Pendidikan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Melang. Pembimbing: (1) Dr. Sunaryanto, M.Ed., (II) Bety Nur Achadiyah, S.Pd., M.Sc.

 

Kata Kunci: Pengembangan, media pembelajaran, lectora inspire

Pada era globalisasi saat ini perkembangan teknologi dan informasi berjalan begitu pesat khususnnya perkembangan teknologi di bidang pendidikan. Dapat dilihat dari teknologi yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar. Pentingnya pencapaian tujuan dalam pembelajaran tidak terlepas dari pesan yang disampaikan guru melalui media pembelajaran yang digunakan. Media pembelajaran yang dikemas secara menarik dan interaktif dapat memudahkan dalam penyampaian materi.

Tujuan penelitian adalah: (a) menghasilkan produk berupa media pembelajaran akuntansi menggunakan lectora inspire sebagai salah satu alternatif media pembelajaran interaktif untuk siswa kelas XII IPS SMA Negeri 3 Mataram, (b) mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran akuntansi menggunakan lectora inspire untuk siswa kelas XII IPS SMA Negeri 3 Mataram.

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan pada penelitian ini adalah model pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi oleh peneliti sesuai kebutuhan. Instrumen pengumpulan data adalah angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknis analisis kuantitatif melalui uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi dengan desain uji coba produk menggunakan pretest dan posttest control group design, yaitu memberikan pretest dan posttest kepada siswa untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran interaktif menggunakan Lectora Inspire.

Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan media pembelajaran yang dikemas dalam bentuk file berformat .exe dan CD yang dapat dioperasikan menggunakan komputer. Dari penilaian produk diketahui bahwa media pembelajaran interaktif Lectora Inspire valid dan layak digunakan dengan skor rata-rata keseluruhan sebesar 91,74%. Hasil uji t menunjukkan tingkat signifikansi sebesar 0,001 < 0,05.