SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Financial Knowledge, Financial Planning dan Self Control Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan pada UMKM di Kabupaten Kediri

Faradila Larasaty

Abstrak


ABSTRAK

 

Larasaty, Faradila. 2019. Pengaruh Financial Knowledge, Financial Planning dan Self Control Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan pada UMKM di Kabupaten Kediri. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Makaryanawati, S.E, M.Si, Ak.

 

Kata Kunci: UMKM, Financial Planning, Financial Knowledge, Self Control, Pengelolaan Keuangan

Perilaku keuangan adalah kemampuan seseorang dalam mengatur perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencairan dan penyimpanan dana keuangan. Perilaku keuangan yang sehat dapat ditunjukkan oleh adanya aktivitas perencanaan, pengelolaan dan pengendalian keuangan yang baik sehingga tercipta kesejahteraan financial. Perilaku keuangan berhubungan dengan tanggung jawab mengenai tata cara pengelolaan keuangan yang dilakukan oleh seseorang. Pengelolaan keuangan penting untuk dilakukan setiap instansi atau perusahaan agar terhindar dari masalah keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh financial knowledge, financial planning dan self control terhadap perilaku pengelolaan keuangan UMKM. Pemilihan UMKM sebagai subjek penelitian karena saat ini UMKM berperan penting dan berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia sehingga perilaku keuangan yang efektif dan efisien perlu dilakukan oleh setiap UMKM untuk kegiatan usaha yang berkelanjutan.

Penelitian ini mengacu pada Teori Atribusi yang menjelaskan mengenai penyebab perilaku seseorang yang dapat berasal dari faktor eksternal dan internal. Penelitian ini menggunakan UMKM skala menengah yang terdaftar di Kabupaten Kediri sebagai sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode convenience sampling. Data yang digunakan merupakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa financial knowledge dan financial planning berpengaruh positif terhadap perilaku pengelolaan keuangan UMKM. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata responden memiliki pengetahuan keuangan yang baik serta telah melaksanakan financial planning dengan baik sehingga terdapat perilaku pengelolaan keuangan yang baik pula. Sedangkan self control tidak berpengaruh terhadap perilaku pengelolaan keuangan UMKM. Hal ini karena baik atau buruknya perilaku pelaku UMKM tidak mempengaruhi baik atau buruk perilaku pengelolaan keuangan yang dilakukan pada UMKM. Pada penelitian selanjutnya, sebaiknya menambah metode pengumpulan data dengan wawancara atau observasi langsung.