SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penyusunan dan Penerapan Sistem Informasi Akuntansi pada Pondok Pesantren Nurul Haromain Pujon Malang

Devi Wahyu Irawan

Abstrak


ABSTRAK

Irawan, Devi Wahyu. 2019. Penyusunan Dan Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Pada Pondok Pesantren Nurul Haromain Pujon Malang. Skripsi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Suparti, M.P.
Kata Kunci: Sistem Informasi Akuntansi, Pesantren, Technology Acceptance Model (TAM), Participatory Action Research (PAR)    
Pengelolaan pesantren harus dilakukan dengan baik demi kemajuannya. Pengelolaan ini dapat dicerminkan dari adanya praktik akuntansi yang benar. Praktik akuntansi dilakukan dengan menggunakan sistem informasi akuntansi yang mengubah data keuangan menjadi informasi yang sangat bermanfaat untuk pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun dan menerapkan sistem informasi akuntansi yang disesuaikan dengan kondisi pesantren. Penelitian ini menggunakan Participatory Action Research (PAR). Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Nurul Haromain, Pujon, Malang.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem akuntansi yang diterapkan pada Pondok Pesantren Nurul Haromain masih menggunakan pencatatan sederhana berupa catatan kas masuk dan keluar. Sistem informasi akuntansi disusun menggunakan Ms. Excel dengan menyesuaikan kondisi pesantren. Sistem Informasi akuntansi yang disusun telah berhasil diterapkan. Hal ini dikarenakan sistem yang disusun mempertimbangkan dua aspek pada teori TAM, yaitu aspek kebermanfaatan dan aspek kemudahan penggunaan. Adanya kemudahan dan manfaat yang dapat dirasakan akan mempengaruhi minat pengguna dalam menggunakannya secara berkelanjutan.
Penelitian selanjutnya dapat melanjutkan penelitian PAR ini dengan melakukan tahapan spiral putaran kedua, jika nantinya saat observasi awal ditemukan masalah. Hal ini untuk memastikan keberlanjutan dari penerapan sistem informasi akuntansi pada pesantren yang bersangkutan.