SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Tingkat Kesuksesan Mobile Banking (M-Banking) Berdasarkan Persepsi Pengguna: Adaptasi Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone & McLean

Firda Qotrunnada Nazhifa

Abstrak


RINGKASAN

 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji tingkat kesuksesan sistem informasi akuntansi perbankan berupa mobile banking (m-banking) dengan menggunakan respesifikasi model milik DeLone & McLean (D&M IS Success Model). Populasi penelitian ini adalah nasabah perbankan. Sampel penelitian ini adalah 160 nasabah pengguna mobile banking. Jenis data pada penelitian ini adalah data primer berupa kuesioner yang diberikan kepada responden. Metode penelitian yang digunakan adalah Covarian Based SEM (CB-SEM), dimana CB-SEM lebih ditujukan sebagai metode untuk melakukan konfirmasi teori. Hasil penelitian menunjukkan (1) Kualitas Sistem berpengaruh positif terhadap Penggunaan, (2) Kualitas Sistem berpengaruh positif terhadap Kepuasan Pengguna, (3) Kualitas Informasi berpengaruh positif terhadap Penggunaan, (4) Kualitas Infomasi tidak berpengaruh terhadap Kepuasan Pengguna, (5) Kepuasan Pengguna berpengaruh positif terhadap Penggunaan, (6) Penggunaan berpengaruh positif terhadap Manfaat Bersih, (7) Kepuasan Pengguna berpengaruh positif terhadap Manfaat Bersih. Keterbatasan penelitian ini terletak pada variable eksternal berupa kualitas layanan yang tidak dimasukan dalam konstruk penelitian, karena variable tersebut sebenarnya bagian dari kualitas sistem. Oleh karenanya, penelitian selanjutnya disarankan untuk memasukkan variable kualitas layanan ke dalam model sehingga dapat diperoleh hasil yang berbeda dan lebih mendalam.

 

Kata Kunci : Mobile Banking, Sistem Informasi Akuntansi, Kesuksesan Sistem Informasi DeLone & McLean