SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Mobile Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Perbankan Dasar di SMKN 1 Boyolangu

Muhammad Ulul Albab

Abstrak


RINGKASAN

 

Dalam praktik pembelajaran perbankan dasar di SMK Negeri 1 Boyolangu, siswa menggunakan sumber belajar buku cetak yang belum memuat materi yang sesuai dengan kompetensi dasar. Siswa mengharapkan adanya bahan ajar yang lebih menarik dan mudah digunakan dan mudah dibawa oleh siswa, dapat dipakai kapanpun dan dimanapun, serta tidak memberatkan siswa dari segi biaya. Berkaitan dengan hal tersebut, peneliti melakukan bahan ajar yang dapat membantu guru dalam menyampaikan materi serta melakukan penilaian secara langsung kepada siswa tentang mata pelajaran perbankan dasar.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang diadaptasi dan dimodifikasi dari model yang dikembangkan oleh Borg & Gall (2003). Dalam penelitian ini terdapat 6 (enam) tahapan yang digunakan yaitu : (1) Potensi dan Masalah, (2) Perencanaan Penelitian, (3) Pengembangan Produk, (4) Validasi Produk, (5) Revisi Produk, (6) Uji Coba Produk. Desain uji coba yang dilakukan adalah uji coba kelayakan dan uji coba efektivitas one group pretest posttest design. Validasi media yang dikembangkan oleh ahli materi dan ahli media.

Produk yang dihasilkan adalah bahan ajar berbasis mobile learning yang berisi kompetensi dasar, materi pembelajaran, soal latihan, contoh soal, glosarium, chat grup dan profil pengembang. Hasil uji kelayakan menunjukkan rata-rata skor sebesar 95,5% dengan kategori sangat layak. Hasil uji efektifitas produk yang dilakukan pada siswa kelas X Akuntansi di SMKN 1 Boyolangu yang dianalisis menggunakan paired sample t-test menunjukkan nilai sig, 2-tailed sebesar 0,00 < 0,05 hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan setelah menggunakan bahan ajar berbasis mobile learning ini. Terdapat peningkatan hasil belajar setelah menggunakan media pembelajaran. Adapun saran pengembangan lebih lanjut adalah mengembangkan evaluasi yang lebih baik, materi pembelajaran yang lebih lengkap, menambahkan fitur video pembelajaran serta mengembangkan media pembelajaran yang dapat diakses jenis smartphone yang menggunakan sistem operasi lain.

Kata Kunci : Bahan Ajar; Mobile Learning; Hasil Belajar; Perbankan Dasar