SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH NEUTRAL INFORMATION, ACCOUNTING INFORMATION DAN SELF IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI DI PASAR MODAL

Mufti Achmad Amar

Abstrak


ABSTRAK

Mufti, Achmad Amar. 2019.  Pengaruh Neutral Information, Neutral Information Dan Self Image Terhadap Keputusan Investasi Di Pasar Modal (Pada Investor Berpengalaman Di Komunitas Trading YCMC Dan ISP). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing : Dr. Satia Nur Maharani, SE, M.Sa, AK.

Kata Kunci: Neutral Information, Accounting Information, Self Image dan Keputusan Investasi.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh pemanfaatan informasi akuntansi (neutral information, accounting information, dan self image) terhadap keputusan investasi di pasar modal. Diharapkan dengan pemanfaatan informasi secara maksimal dapat membuat keputusan yang tepat supaya mengurangi resiko-seriko dan mendapat hasil yang diharapkan. Bertempat di Kota Malang, Jawa  Timur pada para investor yang bergabung pada komunitas trading di pasar modal.

Metode penelitian menggunakan kuantitatif, pengambilan sampel menggunakan purpossive sampling dengan memberikan 80 kuisoner pada para investor yang tergabung dalam komunitas trading di Kota Malang, Jawa timur untuk mengetahui seberapa besar pengaruh informasi akuntansi (neutral information, accounting information, dan self image) terhadap keputusan investasi di pasar modal. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Uji regresi linier berganda ini dipilih untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemanfaatan informasi akuntansi (neutral information, accounting information, dan self image) terhadap keputusan investasi di pasar modal.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa neutral informasi berpengaruh positif terhadap keputusan investasi. Ditunjukan dari hasil analisis linier berganda dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang menunjukan bahwa menurut responden neutran informasi berpengaruh positif terhadap keputusan investasi. Begitu pula dengan accounting information dan self image, keduanya juga berpengaruh positif terhadap keputusan investasi. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai signifikansi dari accounting information dan self image yang sama-sama bernilai 0,036 yang lebih kecil dari 0,05. Hal ini menggambarkan para responden juga beranggapan bahwa accounting information dan self image berpengaruh positif terhadap keputusan investasi. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah masih kurang spesifikasinya pertanyaan dalam kuisoner mengenai kesungguhan responden dalam mengolah informasi akuntansi, peneliti juga tidak bisa bertemu langsung dengan masing-masing responden saat proses pengisian lembar kuisoner.