SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Motivasi Belajar, Self Efficacy dan Kemandirian Belajar sebagai Variabel Intervening terhadap Prestasi BelajarMahasiswa pendidikan Akuntansi di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.

Syariful Anam Sumantri.

Abstrak


ABSTRACT

This study aims to determine the effect of learning motivation, self efficacy and learning independence as intervening variables on student achievement in S1 Accounting Education study programs at State Universitas Negeri Malang. The learning pretension in this study is the value of learning outcomes in Advanced Financial Accounting (AKM 1) courses. This research is explanatory research. The population of the study was 122 students of Accounting Education S1 State University of Malang, totaling 122 students. The sampling technique is a proportional random sampling technique so that a sample of 94 students is obtained. The analysis technique used is Multiple Regression Analysis. The results of this study indicate that learning motivation and self efficacy have a significant positive indirect effect on learning achievement through learning independence. Good learning motivation and self-efficacy will increase learning independence which will also have a good impact on student achievement in the S1 Accounting Education Study Program class of 2017.

 Keywords: Learning Motivation, Self Efficacy, Learning Independence, Learning Achievement.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar, self efficacy dan kemandirian belajar sebagai variabel intervening terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi S1 Pendidikan Akuntansi di Universitas Negeri Malang. Pretasi belajar dalam penelitian ini adalah nilai hasil belajar mata kuliah Akuntansi Keuangan Lanjut (AKM 1). Penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi. Populasi penelitian adalah mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Malang angkatan 2017 yang berjumlah 122 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik proportional random sampling sehingga diperoleh jumlah sampel 94 mahasiswa. Teknik analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar dan self efficacy berpengaruh secara tidak langsung positif signifikan terhadap prestasi belajar melalui kemandirian belajar. Motivasi belajar dan self efficay baik, akan meningkatkan kemandirian  belajar yang berdampak baik pula terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi S1 Pendidikan Akuntansi angkatan 2017.

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Self Efficacy, Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar.