SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Tuntutan Profesionalisme dan Harapan Menjadi Guru Berkarakter (Studi Kasus SMK di Malang).

Nazila Hilma

Abstrak


ABSTRAK

Nazila, Hilma. 2019.  Analisis Tuntutan Profesionalisme dan Harapan Menjadi Guru Berkarakter (Studi Kasus SMK di Malang). Skripsi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr.H. Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd., M.Si., Ak., CA.

Kata Kunci: profesionalisme, guru berkarakter, kompetensi, motivasi

Guru merupakan peran utama dalam dunia pendidikan di Indonesia. Kualitas guru yang baik akan menciptakan siswa (output) yang baik. Untuk meningkatkan kualitas guru dapat dilihat dengan tingkat profesionalitasnya. Jika guru profesional maka kualitas guru dapat meningkat. Guru dikatakan profesional jika dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Kompetensi sosial diarahkan untuk memberikan bekal guru sebagai “warga sosial”, baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat, sehingga harus memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dan bekerja sama dengan baik, dengan peserta didik, rekan sejawat, maupum masyarakat.

Penelitian ini bertujuan mengetahui upaya guru dalam mencapai tuntutan profesionalitas dan menjadi guru yang berkarakter. Populasi penelitian adalah guru SMK di Kabupaten Malang dengan sampel yang diambil secara purposive, yaitu SMKN 1 Turen dan SMK PGRI Turen. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan teknik tringulasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru yang mempunyai kualitas tinggi belum tentu profesional. Guru dapat dikatakan profesional jika memiliki kemampuan tinggi sesuai bidangnya dan motivasi kerja tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian guru akuntansi di Kapubaten Malang memiliki tingkat profesional yang baik dapat dilihat dari pengamatan peneliti bahwa ada banyak guru yang memberikan pelayanan secara optimal kepada peserta didik dan masih ada satu atau dua guru akuntansi yang keluar masuk sekolah pada jam efektif.  Guru profesional dapat dikatakan sebagai guru yang berkarakter. Di SMKN 1 Turen dan SMK PGRI Turen guru mempunyai karakter yang sangat baik, dapat dilihat dari cara guru mengayomi siswa, memberikan motivasi kepada siswa, memberikan contoh sekaligus mengajak siswa untuk beribadah.