SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Financial Distress Terhadap Manajemen Laba dengan Kepemilikan Manajerial sebagai Variabel Moderasi

Prayogi Geo

Abstrak


ABSTRAK

Prayogi, Geo. 2019.  Pengaruh Financial Distress Terhadap Manajemen Laba dengan Kepemilikan Manajerial sebagai Variabel Moderasi. Skripsi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing Prof. Dr. Bambang Sugeng, S.E., M.Si., Ak.

Kata Kunci : Financial Distress, Manajemen Laba dan Kepemilikan Manajerial

Laporan keuangan memberikan informasi mengenai laba yang diperoleh perusahaan yang berguna bagi investor. Dalam praktiknya, sering kali yang terjadi adalah suatu perusahaan melakukan manajemen laba. Salah satu faktor yang dapat meningkatkan praktik manajemen laba adalah financial distress. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh financial distress terhadap manajemen laba dengan kepemilikan manajerial sebagai variabel pemoderasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanatif. Menggunakan sampel perusahaan manufaktur periode 2014-2017 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa

1) financial distress berpengaruh positif terhadap manajemen laba.

2) Kepemilikan manajerial sebagai variabel moderasi mampu memperlemah pengaruh financial distress terhadap manajemen laba dan dinyatakan sebagai moderasi murni.