SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Eksistensi Myopic Loss Aversion (MLA) dalam Pengambilan Keputusan Investasi Saham pada Investor AKtif di Malang

Septiani Rizki

Abstrak


ABSTRAK

Septiani, Rizki. 2019.  Eksistensi Myopic Loss Aversion (MLA) dalam Pengambilan Keputusan Investasi Saham pada Investor Aktif di Malang. Skripsi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Dr. Satia Nur Maharani, S.E., M.SA, Ak.

Kata Kunci: behavioral finance, mental accounting, loss aversion, pengambilan keputusan investasi saham

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bias myopic loss aversion (MLA) pada investor aktif di Malang dan faktor penyebab munculnya bias perilaku myopic loss aversion (MLA) pada diri investor yang mempengaruhi dalam pengambilan keputusan investasi sahamnya serta mengetahui cara mengatasi bias myopic loss aversion tersebut. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perilaku myopic loss aversion (MLA) dalam diri investor aktif di Malang. Adapun faktor-faktor terbentuknya bias tersebut, antara lain: kurangnya pengetahuan dan pengalaman, sikap gegabah, dan sentimen pasar. Dalam penelitian ini juga ditemukan tentang bagaimana cara investor mengatasi bias myopic loss aversion (MLA) antara lain, meningkatkan kemampuan menganalisis, membuat setting goals, dan tidak menggunakan uang panas atau darurat sebagai modal investasi.