SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pelaksanaan Full Day School Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Dasar Melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Moderasi Kelas X Akuntansi di SMKN 12 Malang

Riris Habibatul Nafarinda

Abstrak


Hasil belajar akuntansi merupakan hasil yang diperoleh seseorang dari proses pembelajaran. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar diantaranya adalah pelaksanaan full day school (X1), kecerdasan emosional (X2), dan motivasi belajar (Z). Sekolah yang melaksanakan full day school dengan baik akan menambah motivasi siswa dan juga siswa yang mempunyai kecerdaan emosional yang baik akan menghasilkan hasil belajar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh full day school, kecerdasan emosional, motivasi belajar sebagai variabel moderasi terhadap hasil belajar.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksplanasi. Teknik pemilihan sampel menggunakan teknik porpotional random sampling. Populasi penelitian adalah siswa jurusan Akuntansi kelas X SMKN 12 Malang berjumlah 144 siswa, sedangkan sampel yang diambil berjumlah 104 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuisioner. Analisis data yag digunakan dalam penelitian ini adalah MRA (Moderated Regression Analysis).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial full day school dan kecerdasan emosional berpengaruh secara langsung terhadap hasil belajar dan motivasi belajar sebagai variabel moderator dapat memperkuat pengaruh pelaksanaan full day school dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar. Variabel motivasi belajar merupakan variabel quasi moderator. Dengan demikian hasil belajar akuntansi dasar akan meningkat jika dipengaruhi oleh pelaksanaan full day school dan kecerdasan emosional serta mampu diperkuat oleh motivasi belajar.  Disarankan kepada pihak sekolah agar memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa akuntansi dan untuk peneliti selanjutnya diharapkan untuk meneliti faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi dan meningkatkan hasil belajar akuntansi yang memuaskan.