SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Implementasi pendidikan karakter berdasarkan kurikulum 2013 (studi pada kompetensi keahlian akuntansi dan keuangan lembaga)

Aisyah Fitri

Abstrak


RINGKASAN

Aisyiyah, Fitri. 2019.  Implementasi Pendidikan Karakter Berdasarkan Kurikulum 2013 di SMK Negeri 1 Probolinggo (Studi pada Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. Bambang Sugeng, SE., MA., MM., Ak.

Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan, Karakter

Pendidikan Karaktersuatu proses yang diterapkan kepada peserta didik dengan harapan mampu menjadi manusia yang memiliki kebijaksanaan dan berkarakter baik dalam dimensi hati, pikiran, perkataan dan perbuatan. Dalam implementasi pendidikan karakterter dapat berbagai upaya yang dilakukan, yaitu:

(1) melalui mata pelajaran;

(2) melalui budaya sekolah;

(3) melalui kegiatan pengembangan diri/ekstrakurikuler.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi yang dilakukan pada kompetensi keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga(AKL)di SMK Negeri 1 Probolinggo. Sumber data diperoleh dari hasil wawancara dengan guru kompetensi keahlian AKL sebagai informan kunci, staff kurikulum, staff  kesiswaan dan beberapa peserta didik sebagai informan pendukung, serta warga sekolah yang memahami tentang pendidikan karakter. Dalam penelitian ini, juga digunakan sumber data berupa dokumentasi sebagai data pendukung dari hasil wawancara.

Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan sebagai berikut:

(1) Upaya dalam mengimplementasikan pendidikan karakter;

a) melalui mata pelajaran tercermin pada silabus, RPP serta pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan terintegrasi interdisciplinary curriculum approach yang mengintegrasikan nilai-nilai karakter kedalam materi pembelajaran. Disertai dengan pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode scientific approach. Serta melakukan evaluasi pembelajaran melalui instrument penilaian sikap untuk mengukur nilai-nilai karakter peserta didik;

b )melalui budaya sekolah (school culture) yang diterapkan pada kegiatan tata tertib, kegiatan pembiasaan serta keteladanan sehari-hari yang ada pada lingkungan;

c) melalui kegiatan pengembangan diri/ekstrakurikuler yang terdiri dari ekstrakurikuler wajib pramuka dan ekstrakurikuler pilihan; bidang olahraga, bidang kesenian, bidang keahlian serta kegiatan pengembangan diri Adiwiyata.

(2) Kendala dalam mengimplementasikan pendidikan karakter guru mengalami kesulitan mengaitkan nilai-nilai karakter dengan materi pembelajaran, peran serta orang tua yang kurang mendukung terhadap penerapan sanksi serta beraneka ragamnya karakter peserta didik.

(3) Dampak dalam mengimplementasikan pendidikan karakter ialah berdampak positif seperti:

a) sikap religius: aktif membaca surah-surah Alquran dan Asmaul Husna, sholat dhuha, sholat dhuhur, sholat jum’at berjamaah serta infaq.

b) sikap sosial: peduli pada lingkungan, toleransi, kerja keras, berperilaku dan berkata jujur, mandiri dan tanggung jawab.