SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Ispring Suite 8 Mata Pelajaran Administrasi Pajak Kelas XI SMK Program Keahlian Akuntansi

Hilmy Muhammad Naufal

Abstrak


ABSTRAK

Hilmy, Muhammad Naufal. 2019.  Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Ispring Suite 8 Mata Pelajaran Administrasi Pajak Kelas XI SMK Program Keahlian Akuntansi. Skripsi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hj. Endang Sri Andayani, S.E., M.Si., Ak.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Administrasi Pajak

Mata pelajaran Administrasi Pajak memiliki materi yang berisi aturanaturan dan konsep perpajakan yang memerlukan pemahaman dan daya ingat siswa dalam mempelajarinya. Tuntutan kepada siswa untuk memahami berbagai macam konsep perpajakan dapat menimbulkan rasa jenuh. Perasaan jenuh yang dirasakan oleh siswa dapat menurunkan minat terhadap pelajaran yang berakibat pada penurunan motivasi belajar, sehingga variasi dalam pembelajaran diperlukan untuk mengubah suasana belajar menjadi lebih menyenangkan. Salahsatunya adalah menggunakan multimedia interaktif untuk menciptakan suasana belajar yang baru dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk

(1) Menghasilkan multimedia interaktif menggunakan Ispring Suite 8 pada mata pelajaran Administrasi Pajak,

(2) Mengetahui efektivitas penggunaan multimedia interaktif berbasis Ispring Suite 8 pada mata pelajaran Administrasi Pajak.

Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Prosedur yang dilakukan telah dimodifikasi meliputi, studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk, validasi ahli, revisi produk awal, uji coba lapangan, revisi dan produk akhir. Multimedia interaktif ini diujicobakan pada siswa kelas XI program keahlian Akuntansi di SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Desain uji coba yang digunakan adalah eksperimen bentuk One-Group Pretest-Posttest Design, yaitu memberikan pretest dan posttest kepada siswa untuk mengetahui efektivitas penggunaan multimedia interaktif berbasis Ispring Suite 8.

Penelitian dan pengembangan ini telah menghasilkan multimedia interaktif yang dikemas dalam bentuk file berformat flash dan CD yang dapat dioperasikan menggunakan komputer atau smartphone. Dari penilaian produk, diketahui bahwa multimedia interaktif berbasis Ispring Suite 8 sangat valid dan layak untuk digunakan dengan skor rata-rata keseluruhan sebesar 89,6%. Hasil uji t menggunakan SPSS untuk motivasi belajar siswa menunjukkan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.

Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa multimedia interaktif berbasis Ispring Suite 8 telah dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Saran pemanfaatan yang dapat diberikan adalah

(1) Penggunaan multimedia interaktif ini sebaiknya didampingi dengan buku teks sebagai sumber belajar lain,

(2) Tidak menjadikan multimedia interaktif ini sebagai sumber belajar utama.