SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

IMPLEMENTASI APLIKASI SANGO DALAM PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PONDOK PESANTREN PADA LEMBAGA TINGGI PESANTREN LUHUR MALANG

Dharmawan Fajar

Abstrak


ABSTRAK

Dharmawan, Fajar. 2019.  Implementasi Aplikasi SANGO dalam Penyusunan Laporan Keuangan Pondok Pesantren pada Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Suparti, M.P.

Kata Kunci: Aplikasi SANGO, PSAK 45, Teori Technology Acceptance Model (TAM), Participatory Action Research (PAR)

Pondok pesantren adalah lembaga pendidikan dan lembaga perjuangan tertua dalam sejarah nasional yang hingga kini masih eksis dalam kehidupan masyarakat. Perkembangannya tidak luput dari berbagai kendala yang dihadapi. Salah satunya berhubungan dengan pengelolaan keuangan. Pengelola keuangan pada lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang (LTPLM) masih melakukan pencatatan keuangan secara manual dan sederhana. Hal tersebut terkendala dari kurangnnya sumber daya manusia yang memahami akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan aplikasi SANGO dalam penyusunan laporan keuangan pondok pesantren. implementasi aplikasi SANGO pada Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang (LTPLM) dilakukan melalui pendampingan kepada pengelola keuangan pondok pesantren. laporan keuangan yang dihasilkan mengacu pada standar akuntansi keuangan yang berlaku di Indonesia yaitu Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No. 45 (PSAK 45).

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan participatory Action research (PAR) yang terdiri dari beberapa tahap seperti mengidentifikasi masalah, mengumpulkan informasi untuk menjawab permasalahan, menganalisis dan menginterprestasikan informasi dan berbagi hasil dengan partisipan. Peenlitian ini dilakukan di Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang (LTPLM), Lowokwaru, Kota Malang. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pencatatan yang diterapkan di Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang (LTPLM) masih menggunakan pencatatan secara semi manual dan sesderhana. Aplikasi SANGO dapat diterima dengan mempertimbagkan dua aspek dalam teori Technology Acceptance Model (TAM) yaitu aspek kebermanfaatan sistem dan aspek kemudahan penggunaan. Aplikasi SANGO yang diimplementasikan dalam penyusunan laporan keuangan  pada Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang (LTPLM) telah berhasil menggantikan pencatatan akuntansi semi manual yang sebelumnya dilakukan. Hal ini dikarenakan metode yang didesain telah memenuhi aspek dari teori TAM. Adanya kemudahan dan manfaat yang dapat dirasakan akan mempengaruhi minat pengguna dalam menggunakan secara berkelanjutan.